Belajar & Pembelajaran IPA
CPMK: Mampu mengkomunikasikan secara lisan dan tertulis gagasan mengenai upaya peningkatan kualitas pembelajaran IPA dengan mengintegrasikan prinsip pembelajaran yang mendidik, teori belajar dan praktik pembelajaran dalam kerangka berpikir pendidik sains yang efektif dan paradigma pendidikan sains abad ke 21 secara ilmiah, kritis, dan bertanggungjawab.
Materi Pokok (per Minggu):
- Memahami tujuan matakuliah Belajar dan Pembelajaran Sains dalam rangka meningkatkan PCK pendidik dan calon pendidik.
- Memahami esensi dan karakteristik teori-teori belajar.
- Mengkreasi bahan presentasi mengenai Teori-teori Belajar dengan kreatif, jujur, dan bertanggung jawab serta menyajikannya dalam forum diskusi kelas.
- Memahami taksonomi hasil belajar menurut Bloom, Krathwohl dan Anderson.
- Mengkreasi rumusan tujuan pembelajaran berdasarkan hasil analisis standar isi pelajaran IPA SMP dan SMA.
- Memahami Hakikat dan tujuan pendidikan dan Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar & Menengah.
- Menyusun Rencana Proyek investigasi tentang pandangan guru dan siswa SMP dan SMA mengenai sains di sekolah.
- Mengkomunikasikan hasil investigasi dalam bentuk laporan Proyek, secara ilmiah, jujur, kreatif, sistematis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
- MID SEMESTER
- Memahami pentingnya Literasi Sains bagi masyarakat belajar.
- Memahami pentingnya Keterampilan Proses Sains bagi masyarakat belajar.
- Mengkreasi rencana pembelajaran pada topik tertentu yang berorientasi pada pengembangan literasi sains.
- Menyajikan hasil kreasi Desain Pembelajaran untuk mengembangkan literasi sains.
- Mengkreasi Desain Pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan proses sains.
- Menyajikan hasil kreasi Desain Pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan proses sains.
- UJIAN AKHIR SEMESTER