Evaluasi, Supervisi dan Pembinaan Program Pendidikan
Mata kuliah ini membekali mahasiswa MAP dengan konsep dan metodologi pelaksanaan supervisi pendidikan dan evaluasi program pendidikan. Dengan melaksanakan serangkaian kegiatan berbasis projek dan kasus, mahasiswa akan belajar mengembangkan model dan pendekatan supervisi, serta menganalisis dan mendesain kegiatan pembinaan pendidikan secara akuntabel, transparan dan selaras dengan standar mutu pendidikan.
Manajemen Sumber Daya Manusia
Pengembangan Desain Program Pembelajaran Kelas B
Mata kuliah ini membahas konsep desain model pembelajaran, model-model desain pembelajaran dan teknik-teknik pengembangannya. Selain itu mahasiswa praktek mendisan model pembelajaran, dan mengkomunikasikannya di kelas serta melakukan asesmen terhadap model pembelajaran yang disusun guru dan digunakan guru.
Perkuliahan dilaksanakan mealui tatap muka atau daring, diskusi, penugasan, praktek, dan presentasi.
Penilaian mencakup keaktifan dalam proses perkuliahan, praktek, produk dan keterampilan komunikasi, serta melalui UTS dan UAS.
METODE PENELITIAN KUANTITATIF (MAP)
MK ini terdiri dari 8 TOPIK:
- Konsep Dasar Metode Penelitian Kuantitatif
- Proses Penelitian, Variabel, dan Paradigma
- Landasan Teori, Kerangka Berpikir, dan Pengajuan Hipotesis
- Metode Experimen
- Populasi dan Sample
- Skala Pengukuran dan Instrumen Penelitian
- Teknik Pengumpulan Data
- Analisis Data
kompetensi hasil belajar akan diukur dalam 3 ranah, yaitu: U1 Afektif (sikap dan nilai-nilai yang dibangun dalam proses belajar, praktek, dan bekerja di tingkat S2); U2 Kognitif (pengetahuan yang dibangun tentang metode penelitian kuantitatif tingkat S2); U3 Psikomotor (keterampilan untuk dapat melaksanakan dan menyusun rancangan penelitian kuantitatif tingkat S2)
Notasi & Penulisan Karya Ilmiah
Mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah dirancang untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa MAP dalam merancang penulisan karya ilmiah untuk publikasi. Dengan pertimbangan kondisi pandemi belum usai, matakuliah ini dirancang dengan menggabungkan berbagai media dan sumber pembelajaran yang tersedia pada internet melalui akun daring Universitas Mataram. Mahasiswa diharapkan aktif berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar yang telah dirancang oleh dosen pengampu matakuliah. Mahasiswa didorong melakukan kegiatan mandiri untuk mengumpulkan membaca, menyimak dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. Di akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan satu karya ilmiah untuk publikasi di berbagai jurnal ilmiah.
EVALUASI, SUPERVISI DAN PEMBINAAN PROGRAM PENDIDIKAN GANJIL 21/22
Mata kuliah ini memuat tentang: evaluasi pembelajaran; evaluasi program; supervisi pembelajaran; dan pembinaan program pendidikan.
- Evaluasi pembelajaran menyangkut: konsep dasar evaluasi pembelajaran, pengembangan instrumen, pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan/pemberian rekomendasi.
- Evaluasi program memuat tentang: perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan;
- Supervisi pembelajaran memuat: perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, pemantauan, dan rencana tindak lanjut;
- Pengembangan program/pembinaan program pendidikan memuat tentang: analisis sekolah berdasarkan 8 SNP, pengembangan program sekolah berdasarkan 8 SNP.
Nilai Akhir merupakan hasil kumulatif dari 20 kali kompetensi sikap (20 x K1) ditambah 30 kali kompetensi kognitif (30 x K2) ditambah 50 kali kompetensi keterampilan (50 x K3) dibagi 100. Nilai skala 100, selanjutnya dikonversi kedalam nilai skala huruf sesuai dengan pedoman penilaian yang berlaku di Program Pascasarjana Universitas Mataram.
Jika seseorang mahasiswa tidak memiliki salah satu atau lebih dari komponen K1 atau K2 atau K3 maka yang bersangkutan pada aspek tersebut akan diberi nilai 0, selanjutnya akan dihitung nilai kumulatif skala 100. Berapapun nilai yang diperoleh dari perhitungan tersebut yang sudah valid, selanjutnya dilakukan konversi kedalam nilai huruf.
FILSAFAT PENDIDIKAN
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah bersifat fundamental dalam upaya membangun sebuah paradigma dan kesadaran mahasiswa terhadap praksis Pendidikan. Tujuan dari matakuliah ini adalah memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang : (1) Konsep Filsafat; (2) Filsafat Pendidikan; (3) Manusia dan Pendidikan; (4) Aliran-aliran dalam filsafat pendidikan; (5) Filsafat pendidikan prakolonial: Sebuah tinjauan Historis; (5) Filsafat pendidikan colonial; (7) Pancasila: Filsafat Pendidikan Nasional; (8) Pendidikan di era revolusi mental; (9) Intelektualisme dan spiritualisme; (10) Filsafat pendidikan masa depan: Sebuah gerakan semesta; (11) Dialog Antar Aliran Atas Problema dan Dilematika Kehidupan Multidimensional;
Keterampilan audit dan penjaminan mutu pendidikan, TQM dan ISO 9001
Keterampilan Audit & Penjamin Mutu Pendidikan, TQM dan ISO 9001 : ( 2 SKS)
Membahas teori, tugas keterampilan Audit, penjamin mutu dan tanggung jawab administrator pendidikan dalam mewujudkan keefektifan sekolah sebagai suatu sistem serta kajian-kajian ISO 9001-2008. Kajian mata kuliah ini meliputi kritik terhadap sistem persekolahan, fungsi dan konvensi pengeloaan sistem, strategi manajemen mutu, pengelolaan komponen-komponen sistem dan strategi manajamen mutu, pengelolaan komponen-komponen sistem, kriteria dan standar manajemen ISO 9001-2008 serta proses mengakreditasi sistem.
TIK dalam Manajemen Pendidikan
Mata
kuliah ini membahas konsep dasar sistem informasi manajemen dan model-modelnya
yang dimanfaatkan dalam organisasi pendidikan. Melalui matakuliah ini,
mahasiswa diperkenalkan dengan berbagai macam strategi manajemen pendidikan
yang terkait dengan pemanfaatan IT dan keterampilan pemakaian komputer untuk
keperluan perencanaan pendidikan dan pengambilan keputusan. Setelah mengikuti
matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan wawasan, pengetahuan
dan kompetensi mereka terkait dengan sistem informasi manajemen pendidikan.
Dengan demikian, diharapkan mereka mampu membuat perubahan mendasar dalam
memegang kendali operasional manajemen di tempat kerja.
Pengembangan Desain Program Pembelajaran 2020
Perkuliahan dilaksanakan mealui tatap muka atau daring, diskusi, penugasan, praktek, dan presentasi.
Penilaian mencakup keaktifan dalam proses perkuliahan, praktek, produk dan keterampilan komunikasi, serta melalui UTS dan UAS.Penulisan Karya Ilmiah
Mata kuliah ini didesain untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis karya ilmiah dengan menunjukkan sikap jujur dan bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. Mahasiswa diharapkan juga mampu memformulasikan masalah penelitian dan menyusun rencana pemecahan masalahnya kemudian membuat kerangka berfikir dalam bentuk diagram alir dan proposal penelitian. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. Mampu menyusun proposal penelitian sesuai dengan standar penulisan karya ilmiah dan mempresentasikannya.