;
Font size
  • A-
  • A
  • A+
Site color
  • R
  • A
  • A
  • A
Universitas Mataram
    Matakuliah
    All courses Course search
    Panduan
    Pedoman SPADA Aktivasi Akun Dosen Mahasiswaa
    Link Terkait
    Universitas Mataram Sitsem Informasi Akademik Sistem Informasi Registarsi
  • Login
  • Bahasa Indonesia ‎(id)‎ English ‎(en)‎
  • Log in

    Access to the platform

    Forgotten your username or password?

  • Log in
Skip to main content

Administrasi Pendidikan

  1. Home
  2. Courses
  3. Pascasarjana
  4. Administrasi Pendidikan
Expand all

Landasan dan Problematika Pendidikan

Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif)

2024 Theory and Practice of Educational Supervision
- Dr. H. Dadi Setiadi, M.Sc- Dr. H. Sudirman, M.Pd.
Administrasi Pendidikan

2024 Theory and Practice of Educational Supervision

EVALUASI PROGRAM DAN PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN 2023_2024 ganjil
- Dr. H. Dadi Setiadi, M.Sc
Administrasi Pendidikan

EVALUASI PROGRAM DAN PENGEMBANGAN MODEL PENDIDIKAN 2023_2024 ganjil

00 2025 TEORI DAN PRAKTEK SUPERVISI PENDIDIKAN 1 2025
- Dr. H. Dadi Setiadi, M.Sc
Administrasi Pendidikan

00 2025 TEORI DAN PRAKTEK SUPERVISI PENDIDIKAN 1 2025

Evaluasi, Supervisi dan Pembinaan Program Pendidikan
Untung Waluyo
Administrasi Pendidikan

Evaluasi, Supervisi dan Pembinaan Program Pendidikan

 Mata kuliah ini membekali mahasiswa MAP dengan konsep dan metodologi pelaksanaan supervisi pendidikan dan evaluasi program pendidikan. Dengan melaksanakan serangkaian kegiatan berbasis projek dan kasus, mahasiswa akan belajar mengembangkan model dan pendekatan supervisi, serta menganalisis dan mendesain kegiatan pembinaan pendidikan secara akuntabel, transparan dan selaras dengan standar mutu pendidikan.

Manajemen Sumber Daya Manusia
Untung Waluyo
Administrasi Pendidikan

Manajemen Sumber Daya Manusia

Melalui matakuliah Manajemen Sumber Daya Manusia (MSB), mahasiswa akan dikenalkan dengan prinsip-prinsip dasar dan teknik manajemen sumber daya manusia. Setelah memahami teori dan kerangka konseptual MSB, mahasiswa akan diarahkan untuk mengintegrasikan MSB ke dalam penerapan teknis fungsi MSB di dunia pendidikan.  Melalui kegiatan berbasis projek dan berbasis kasus, mahasiswa dapat memahami fungsi-fungsi elemen MBS, menguraikan pentingnya penerapan fungsi-fungsi elemen MBS dalam kegiatan kekaryaan sehari-hari dan menerapkan secara kritis prinsip-prinsip dan teknik-teknik manajemen sumber daya manusia yang diperoleh mata kuliah ini.

Pengembangan Desain Program Pembelajaran Kelas B
- Dr. H. Agus Ramdani, M.Sc
Administrasi Pendidikan

Pengembangan Desain Program Pembelajaran Kelas B

Mata kuliah ini membahas konsep desain model pembelajaran, model-model desain pembelajaran  dan teknik-teknik pengembangannya. Selain itu mahasiswa praktek mendisan model pembelajaran, dan mengkomunikasikannya di kelas serta melakukan asesmen terhadap model pembelajaran yang disusun guru dan digunakan guru.

Perkuliahan dilaksanakan mealui tatap muka atau daring, diskusi, penugasan, praktek, dan presentasi.

Penilaian mencakup keaktifan dalam proses perkuliahan, praktek, produk dan keterampilan komunikasi, serta melalui UTS dan UAS.


APLIKASI STATISTIKA DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN
Joni Rokhmat
Administrasi Pendidikan

APLIKASI STATISTIKA DALAM PENELITIAN PENDIDIKAN

METODE PENELITIAN KUANTITATIF (MAP)
- Dr. I Wayan Karta, MS.- Prof. Dr. A.Wahab Jufri
Administrasi Pendidikan

METODE PENELITIAN KUANTITATIF (MAP)

MK ini terdiri dari 8 TOPIK:

  1. Konsep Dasar Metode Penelitian Kuantitatif
  2. Proses Penelitian, Variabel, dan Paradigma
  3. Landasan Teori, Kerangka Berpikir, dan Pengajuan Hipotesis
  4. Metode Experimen
  5. Populasi dan Sample
  6. Skala Pengukuran dan Instrumen Penelitian
  7. Teknik Pengumpulan Data
  8. Analisis Data
Setiap topik akan dipelajari selama 2 minggu, total pembelajaran efektif dilaksanakan selama 16 minggu.

kompetensi hasil belajar akan diukur dalam 3 ranah, yaitu: U1 Afektif (sikap dan nilai-nilai yang dibangun dalam proses belajar, praktek, dan bekerja di tingkat S2); U2 Kognitif (pengetahuan yang dibangun tentang metode penelitian kuantitatif tingkat S2); U3 Psikomotor (keterampilan untuk dapat melaksanakan dan menyusun rancangan penelitian kuantitatif tingkat S2) 

PROGRAM PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN BARU GENAP  21-22
- Dr. H. Dadi Setiadi, M.Sc
Administrasi Pendidikan

PROGRAM PENGEMBANGAN DESAIN PEMBELAJARAN BARU GENAP 21-22

Aplikasi Statistika
- Dr. Nyoman Sridana, M.Si
Administrasi Pendidikan

Aplikasi Statistika

assesmen kebutuhan dan peremcanaan pendidikan
- Dr. Fahruddin,M.Pd
Administrasi Pendidikan

assesmen kebutuhan dan peremcanaan pendidikan

Notasi & Penulisan Karya Ilmiah
Untung Waluyo
Administrasi Pendidikan

Notasi & Penulisan Karya Ilmiah


Mata kuliah Penulisan Karya Ilmiah  dirancang untuk meningkatkan kemampuan  mahasiswa MAP dalam  merancang penulisan karya ilmiah untuk publikasi. Dengan pertimbangan kondisi pandemi belum usai, matakuliah ini dirancang dengan menggabungkan berbagai media dan sumber  pembelajaran  yang tersedia pada internet melalui akun daring Universitas Mataram. Mahasiswa diharapkan aktif berpartisipasi dalam kegiatan belajar mengajar yang telah dirancang oleh dosen pengampu matakuliah. Mahasiswa didorong melakukan kegiatan mandiri untuk mengumpulkan membaca, menyimak dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh dosen. Di akhir perkuliahan mahasiswa diharapkan mampu menghasilkan satu karya ilmiah untuk publikasi di berbagai jurnal ilmiah.

EVALUASI, SUPERVISI DAN PEMBINAAN PROGRAM PENDIDIKAN GANJIL 21/22
- Dr. I Wayan Karta, MS.
Administrasi Pendidikan

EVALUASI, SUPERVISI DAN PEMBINAAN PROGRAM PENDIDIKAN GANJIL 21/22

Mata kuliah ini memuat tentang: evaluasi pembelajaran; evaluasi program; supervisi pembelajaran; dan pembinaan program pendidikan. 

  • Evaluasi pembelajaran menyangkut: konsep dasar evaluasi pembelajaran, pengembangan instrumen, pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan/pemberian rekomendasi. 
  • Evaluasi program memuat tentang: perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan; 
  • Supervisi pembelajaran memuat: perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, pemantauan, dan rencana tindak lanjut; 
  • Pengembangan program/pembinaan program pendidikan memuat tentang: analisis sekolah berdasarkan 8 SNP, pengembangan program sekolah berdasarkan 8 SNP. 
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pokok di S2 MAP, dengan 2 SKS, setiap minggu dibelajarkan secara reguler 2 x 50 menit selama 16 minggu. 

Nilai Akhir merupakan hasil kumulatif dari 20 kali kompetensi sikap (20 x K1) ditambah 30 kali kompetensi kognitif (30 x K2) ditambah 50 kali kompetensi keterampilan (50 x K3) dibagi 100. Nilai skala 100, selanjutnya dikonversi kedalam nilai skala huruf sesuai dengan pedoman penilaian yang berlaku di Program Pascasarjana Universitas Mataram. 

Jika seseorang mahasiswa tidak memiliki salah satu atau lebih dari komponen K1 atau K2 atau K3 maka yang bersangkutan pada aspek tersebut akan diberi nilai 0, selanjutnya akan dihitung nilai kumulatif skala 100. Berapapun nilai yang diperoleh dari perhitungan tersebut yang sudah valid, selanjutnya dilakukan konversi kedalam nilai huruf.  

FILSAFAT PENDIDIKAN
- Dr. H. Wildan, M.Pd.
Administrasi Pendidikan

FILSAFAT PENDIDIKAN

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah bersifat fundamental dalam upaya membangun sebuah paradigma dan kesadaran mahasiswa terhadap praksis Pendidikan. Tujuan dari matakuliah ini adalah memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang : (1) Konsep Filsafat; (2) Filsafat Pendidikan; (3) Manusia dan Pendidikan; (4) Aliran-aliran dalam filsafat pendidikan; (5) Filsafat pendidikan prakolonial: Sebuah tinjauan Historis; (5) Filsafat pendidikan colonial; (7) Pancasila: Filsafat Pendidikan Nasional; (8) Pendidikan di era revolusi mental; (9) Intelektualisme dan spiritualisme; (10) Filsafat pendidikan masa depan: Sebuah gerakan semesta; (11) Dialog Antar Aliran Atas Problema dan Dilematika Kehidupan Multidimensional;

 


Keterampilan audit dan penjaminan mutu pendidikan, TQM dan ISO 9001
- Dr. H. Agus Ramdani, M.Sc- Dr. H. Sudirman,  MA.
Administrasi Pendidikan

Keterampilan audit dan penjaminan mutu pendidikan, TQM dan ISO 9001

Keterampilan Audit & Penjamin Mutu Pendidikan, TQM dan ISO 9001 : ( 2 SKS)

Membahas teori, tugas keterampilan Audit, penjamin mutu dan tanggung jawab administrator pendidikan dalam mewujudkan keefektifan sekolah sebagai suatu sistem serta kajian-kajian ISO 9001-2008. Kajian mata kuliah ini meliputi kritik terhadap sistem persekolahan, fungsi dan konvensi pengeloaan sistem, strategi manajemen mutu, pengelolaan komponen-komponen sistem dan strategi manajamen mutu, pengelolaan komponen-komponen sistem, kriteria dan standar manajemen ISO 9001-2008 serta proses mengakreditasi sistem.


Manajemen DIKLAT
- Dr. Asrin, M.Pd
Administrasi Pendidikan

Manajemen DIKLAT

METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN (KUALITATIF)
- Dr. Hamidsyukrie ZM, M.Hum.- Dr. Syafruddin,MS
Administrasi Pendidikan

METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN (KUALITATIF)

TIK dalam Manajemen Pendidikan
Dr. Muntari, M. Phil
Administrasi Pendidikan

TIK dalam Manajemen Pendidikan

Mata kuliah ini membahas konsep dasar sistem informasi manajemen dan model-modelnya yang dimanfaatkan dalam organisasi pendidikan. Melalui matakuliah ini, mahasiswa diperkenalkan dengan berbagai macam strategi manajemen pendidikan yang terkait dengan pemanfaatan IT dan keterampilan pemakaian komputer untuk keperluan perencanaan pendidikan dan pengambilan keputusan. Setelah mengikuti matakuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu meningkatkan wawasan, pengetahuan dan kompetensi mereka terkait dengan sistem informasi manajemen pendidikan. Dengan demikian, diharapkan mereka mampu membuat perubahan mendasar dalam memegang kendali operasional manajemen di tempat kerja.

Pengembangan Desain Program Pembelajaran 2020
- Dr. H. Dadi Setiadi, M.ScDr. Muntari, M. Phil
Administrasi Pendidikan

Pengembangan Desain Program Pembelajaran 2020

Mata kuliah ini membahas konsep desain model pembelajaran, model-model desain pembelajaran  dan teknik-teknik pengembangannya. Selain itu mahasiswa praktek mendisan model pembelajaran, dan mengkomunikasikannya di kelas serta melakukan asesmen terhadap model pembelajaran yang disusun guru dan digunakan guru.

Perkuliahan dilaksanakan mealui tatap muka atau daring, diskusi, penugasan, praktek, dan presentasi.

Penilaian mencakup keaktifan dalam proses perkuliahan, praktek, produk dan keterampilan komunikasi, serta melalui UTS dan UAS.

Penulisan Karya Ilmiah
Dr. Lalu Muhaimi, M. Pd.
Administrasi Pendidikan

Penulisan Karya Ilmiah

Mata kuliah ini didesain untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis karya ilmiah  dengan menunjukkan sikap jujur dan bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. Mahasiswa diharapkan juga mampu memformulasikan masalah penelitian dan menyusun rencana pemecahan masalahnya kemudian membuat kerangka berfikir dalam bentuk diagram alir dan proposal penelitian. Mampu  menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. Mampu menyusun proposal penelitian sesuai dengan standar penulisan karya ilmiah dan mempresentasikannya.


View more

Stay in touch

Tim SPADA UNRAM

  • https://daring.unram.ac.id
  • 0370-633007
  • spada@unram.ac.id
Get the mobile app

Proudly made with

Moodle logo

Made with by conecti.me