Mata kuliah ini memuat tentang: evaluasi pembelajaran; evaluasi program; supervisi pembelajaran; dan pembinaan program pendidikan. 

  • Evaluasi pembelajaran menyangkut: konsep dasar evaluasi pembelajaran, pengembangan instrumen, pengumpulan data, analisis data, dan penarikan kesimpulan/pemberian rekomendasi. 
  • Evaluasi program memuat tentang: perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan; 
  • Supervisi pembelajaran memuat: perencanaan supervisi, pelaksanaan supervisi, pemantauan, dan rencana tindak lanjut; 
  • Pengembangan program/pembinaan program pendidikan memuat tentang: analisis sekolah berdasarkan 8 SNP, pengembangan program sekolah berdasarkan 8 SNP. 
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah pokok di S2 MAP, dengan 2 SKS, setiap minggu dibelajarkan secara reguler 2 x 50 menit selama 16 minggu. 

Nilai Akhir merupakan hasil kumulatif dari 20 kali kompetensi sikap (20 x K1) ditambah 30 kali kompetensi kognitif (30 x K2) ditambah 50 kali kompetensi keterampilan (50 x K3) dibagi 100. Nilai skala 100, selanjutnya dikonversi kedalam nilai skala huruf sesuai dengan pedoman penilaian yang berlaku di Program Pascasarjana Universitas Mataram. 

Jika seseorang mahasiswa tidak memiliki salah satu atau lebih dari komponen K1 atau K2 atau K3 maka yang bersangkutan pada aspek tersebut akan diberi nilai 0, selanjutnya akan dihitung nilai kumulatif skala 100. Berapapun nilai yang diperoleh dari perhitungan tersebut yang sudah valid, selanjutnya dilakukan konversi kedalam nilai huruf.  

Mata kuliah ini merupakan mata kuliah bersifat fundamental dalam upaya membangun sebuah paradigma dan kesadaran mahasiswa terhadap praksis Pendidikan. Tujuan dari matakuliah ini adalah memberikan pemahaman kepada mahasiswa tentang : (1) Konsep Filsafat; (2) Filsafat Pendidikan; (3) Manusia dan Pendidikan; (4) Aliran-aliran dalam filsafat pendidikan; (5) Filsafat pendidikan prakolonial: Sebuah tinjauan Historis; (5) Filsafat pendidikan colonial; (7) Pancasila: Filsafat Pendidikan Nasional; (8) Pendidikan di era revolusi mental; (9) Intelektualisme dan spiritualisme; (10) Filsafat pendidikan masa depan: Sebuah gerakan semesta; (11) Dialog Antar Aliran Atas Problema dan Dilematika Kehidupan Multidimensional;

 


Mata kuliah ini didesain untuk membekali mahasiswa dengan kemampuan menulis karya ilmiah  dengan menunjukkan sikap jujur dan bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri. Mahasiswa diharapkan juga mampu memformulasikan masalah penelitian dan menyusun rencana pemecahan masalahnya kemudian membuat kerangka berfikir dalam bentuk diagram alir dan proposal penelitian. Mampu  menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur. Mampu menyusun proposal penelitian sesuai dengan standar penulisan karya ilmiah dan mempresentasikannya.


Keterampilan Audit & Penjamin Mutu Pendidikan, TQM dan ISO 9001 : ( 2 SKS)

Membahas teori, tugas keterampilan Audit, penjamin mutu dan tanggung jawab administrator pendidikan dalam mewujudkan keefektifan sekolah sebagai suatu sistem serta kajian-kajian ISO 9001-2008. Kajian mata kuliah ini meliputi kritik terhadap sistem persekolahan, fungsi dan konvensi pengeloaan sistem, strategi manajemen mutu, pengelolaan komponen-komponen sistem dan strategi manajamen mutu, pengelolaan komponen-komponen sistem, kriteria dan standar manajemen ISO 9001-2008 serta proses mengakreditasi sistem.