;
Ukuran fonta
  • A-
  • A
  • A+
Warna situs
  • R
  • A
  • A
  • A
Universitas Mataram
    Matakuliah
    All courses Course search
    Panduan
    Pedoman SPADA Aktivasi Akun Dosen Mahasiswaa
    Link Terkait
    Universitas Mataram Sitsem Informasi Akademik Sistem Informasi Registarsi
  • Login
  • Bahasa Indonesia ‎(id)‎ English ‎(en)‎
  • Masuk

    Akses ke platform

    Lupa nama pengguna dan kata sandi?

  • Masuk
Lewati ke konten utama

Pendidikan IPA

  1. Beranda
  2. Kursus
  3. Pascasarjana
  4. Pendidikan IPA
  • 1 (saat ini)
  • 2
  • » Laman selanjutnya
Proposal Tesis
- Dr. H. Agus Ramdani, M.Sc
Pendidikan IPA

Proposal Tesis

Mata kuliah proposal tesis berisikan materi tentang penyusunan proposal tesis yang meliputi: kerangka bab 1 (pendahuluan), kerangka bab 2 (kajian pustaka), kerangka bab 3 (metode penelitian) dan daftar pustaka dan mengkomunikasikannya sesuai kondisi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, kebijakan dan peraturan pemerintah yang berlaku secara bertanggung jawab sesuai etika akademik berdasarkan kajian analisis ilmiah, serta mengkomunikasikannya secara baik. Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan dalam bentuk diskusi dan tanya jawab, dengan penyelesaian tugas penyusunan dan penyajian makalah, reviw buku dan jurnal, serta studi lapangan pemecahan masalah terkait permasalahan yang terdapat di sekolah. Model pembelajaran yang digunakan ialah Project Based Learning (PjBL).

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) MPIPA 2025
Dr. Muntari, M. Phil
Pendidikan IPA

Kuliah Kerja Lapangan (KKL) MPIPA 2025

Mata kuliah ini menuntut keterampilan mahasiswa dalam mengkaji lingkungan belajar berupa lingkungan fisik dan non fisik sekolah termasuk budaya, data sekolah. Selain itu mengembangkan keterampilan penyusunan perangkat pembelajaran (kurikulum, Modul ajar/ silabus, RPP, materi ajar, media dan instrumen evaluasi proses dan hasil belajar serta rencana tindak lanjut.

Pembelajaran bersama guru pamong dan dosen pembimbing. Mengkaji tugas tambahan guru di luar tugas yang sifatnya akademis. Serta melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tagihan standar proses dan evaluasi serta menyusun laporan kegiatan secara komprehensif. 

PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN IPA 2025
Dr. Muntari, M. Phil
Pendidikan IPA

PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN IPA 2025

Mata kuliah ini merupakan kuliah dasar pada program studi magister pendidikan IPA. Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan kurikulum pendidikan IPA secara bertanggung jawab sesuai etika akademik berdasarkan kajian analisis ilmiah serta mengkomunikasikannya secara baik. Standar isi meliputi: hakekat dan konsep kurikulum IPA, prinsip-prinsip pengembangan kurikulum IPA, model-model desain kurikulum IPA, perkembangan kurikulum IPA dari masa ke masa, ranah-ranah tujuan pembelajaran, standar kompetensi lulusan/capaian pembelajaran, isi, proses, dan evalausi pembelajaran, pengembangan pembelajaran IPA sesuai kebijakan merdeka belajar, model konsep penyelesaian masalah dalam implementasi kurikulum IPA, prinsip-prinsip analisis kurikulum IPA, teknik analisis kurikulum IPA, pengembangan kurikulum IPA sekolah dan pendidikan tinggi, dan  model rencana riset dalam bidang kurikulum. Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan dalam bentuk diskusi, tanya jawab, dan inkuiri dengan penyelesaian tugas penyusunan dan penyajian makalah, reviu buku dan jurnal, serta studi lapangan pemecahan masalah implementasi kurikulum IPA di sekolah

Analisis Data Penelitian Pendidikan IPA
Dr. Muntari, M. Phil
Pendidikan IPA

Analisis Data Penelitian Pendidikan IPA

Mata kuliah Analisis Data Penelitian Pendidikan IPA untuk mahasiswa Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram

Manajemen dan Supervisi Lis23
Pendidikan IPA

Manajemen dan Supervisi Lis23

PENGEMBANGAN KURIKULUM KELAS IA 2022
- Dr. H. Dadi Setiadi, M.Sc
Pendidikan IPA

PENGEMBANGAN KURIKULUM KELAS IA 2022

Filsafat Pend IPA Pebru 2025
- Prof. Dr. Mukhlis, M.Si
Pendidikan IPA

Filsafat Pend IPA Pebru 2025


1.    Deskripsi Matakuliah

Mempelajari hakikat ilmu pengetahuan dari sudut pandangan ontologi, epistemologi dan etika. Pengalaman belajar filsafat ilmu bertujuan untuk membentuk wawasan dan kemampuan mahasiswa agar dapat berperan dalam kegiatan pengembangan ilmu. Pokok-pokok bahasan meliputi: kriteria kebenaran; dasar-dasar ilmu pengetahuan, peranan teori dalam pengembangan ilmu pengeetahuan, tujuan ilmu pengetahuan, prosedur pengembangan ilmu pengetahuan, dan kerangka berpikir ilmiah; ethos ilmu pengetahuan, perkembangan ilmu dan teknologi serta pengaruhnya terhadap tata nilai kebudayaan dan kehidupan bangsa; filsafat ilmu dalam bidang studi.

 

2.    Capaian Pembelajaran Matakuliah

CPMK1 Mampu menganalisis hakikat, konsep, dan prinsip, Filsafat Pendidikan IPA CPMK2 Mampu mengevaluasi perkembangan kurikulum IPA di Indonesia dan negara lain CPMK3 Mampu menganalisis keterkaitan standar kompetesi lulusan, isi, proses dan evaluasi terkait dengan implementasi kurikulum CPMK4 Mampu menganalisis dan mengevaluasi implementasi kurikulum IPA sesuai konsep merdeka belajar CPMK5 Mampu mengembangkan kurikulum IPA sesuai kondisi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan tuntutan keterampilan abad 21, serta peraturan dan kebijakan yang berlaku secara bertanggung jawab sesuai etika akademik dan berdasarkan kajian bersifat analisis CPMK6 Mampu mendisain rencana riset terkait dengan pengembangan kurikulum IPA sesuai tuntutan abad 21

 

3.    Bahan Kajian

Hakekat, landasan dan konsep filosofi pendidikan IPA

Kemampuan berpikir logis, sistematis, kritis, kreatif dan inovatif,

Menerapkan metode penelitian dalam penyusunan proposal tesis dan mengkomunikasikannya di depan kelas

 

Hakekat dan konsep kurikulum IPA • Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum IPA • Teknik evaluasi model desain kurikulum IPA sekolah • Teknik analisis ranah-ranah tujuan pembelajaran • Pengembangkan tagihan standar isi, proses dan evalausi pembelajaran • Mengembangkan pembelajaran IPA sekolah sesuai kebijakan merdeka belajar • Memecahkan masalah implementasi kurikulum IPA di sekolah sesuai kebijakan merdeka belajar • Mengembangkan prinsip-prinsip analisis kurikulum IPA • Mengembangkan teknik-teknik analisis Kurikulum IPA • Mengembangkan kurikulum IPA di sekolah dan perguruan tinggi • Riset dalam bidag kurikulum IPA.

Tren Penelitian Pendidikan IPA
- Prof. Drs. Agus Abhi Purwoko, M.Sc, Ph.D
Pendidikan IPA

Tren Penelitian Pendidikan IPA

Manaj dan Supervisi PIPA LisPebr25
- Prof. Dr. Mukhlis, M.Si
Pendidikan IPA

Manaj dan Supervisi PIPA LisPebr25

Deskripsi mata kuliah :

Pada  mata kuliah ini mahasiswa mengkaji tentang Konsep dasar, ruang lingkup, fungsi dan tugas   manajemen dan supervisi di sekolah. Selain itu mengkaji impelementasi bagaimana implementasi  Manajemen berbasis sekolah, kepemimpinan sekolah, manajemen keuangan sekolah. manajemen kesisiswaan dan humas, manajemen sarana pra sarana : ruang kelas, laboratorium perpustakaan,  lingkungang sekolah,  manajemen pengembangan tenaga pendidik  dan kependidikan, manajemen bimbingan konseling sekolah, manajemen kurikulum pembelajaran dan penjaminan mutu internal sekolah, sistem manajemen sekolah abad 21 berbasis teknologi  informasi dan sistem manajemen belajar berbasis teknologi. Mahaisisw adiminta mengkomunikasikan secara tertulis dan liasan etika hasil kajiannya masing masing disekolah sesuai dengan nilai, norma dan etika akademik


Metode Penelitian Pendidikan IPA
Dr. Gunawan S.Pd., M.Pd.
Pendidikan IPA

Metode Penelitian Pendidikan IPA

Mata kuliah Metodologi Penelitian (2 sks) dirancang untuk memfasilitasi mahasiswa menerapkan pengetahuan tentang konsep, prinsip,dan prosedur penelitian ilmiah dalam rangka menyusun proposal tugas akhir mahasiswa (tesis). Kegiatan belajar ditekankan pada analisis kritis dan telaah mendalam jurnal-jurnal ilmiah dalam bidang IPA (meliputi fisika, kimia, biologi dan keterpaduannya) dan pendidikan IPA, serta menyajikan hasilnya didalam forum diskusi. Disamping itu, mahasiswa juga berlatih untuk mengembangkan instrumen penelitian yang relevan dengan bidang minatnya, sekaligus prosedur validasi intrumen dan teknik pengumpulan dan analisis datanya. Di akhir pembelajaran mahasiswa menghasilkan proposal penelitian, yang akan dilanjutkan menjadi proposal tesis.

MEDIA PEMBELAJARAN IPA
Dr. Gunawan S.Pd., M.Pd.
Pendidikan IPA

MEDIA PEMBELAJARAN IPA

Metode Penelitian Pendidikan IPA (MPIPA)
- Prof. Drs. Agus Abhi Purwoko, M.Sc, Ph.D
Pendidikan IPA

Metode Penelitian Pendidikan IPA (MPIPA)

Mata kuliah Metodologi Penelitian (2 sks) dirancang untuk memfasilitasi mahasiswa menerapkan pengetahuan tentang konsep, prinsip,dan prosedur penelitian ilmiah dalam rangka menyusun proposal tugas akhir mahasiswa (tesis). Kegiatan belajar ditekankan pada analisis kritis dan telaah mendalam jurnal-jurnal ilmiah dalam bidang IPA (meliputi fisika, kimia, biologi dan keterpaduannya) dan pendidikan IPA, serta menyajikan hasilnya didalam forum diskusi. Disamping itu, mahasiswa juga berlatih untuk mengembangkan instrumen penelitian yang relevan dengan bidang minatnya, sekaligus prosedur validasi intrumen dan teknik pengumpulan dan analisis datanya. Di akhir pembelajaran mahasiswa menghasilkan proposal penelitian, yang akan dilanjutkan menjadi proposal tesis.

Belajar & Pembelajaran IPA
Mohammad Archi Maulyda, S.Pd., M.Pd.- Prof. Dr. A.Wahab Jufri
Pendidikan IPA

Belajar & Pembelajaran IPA

CPMK:  Mampu mengkomunikasikan secara lisan dan tertulis gagasan mengenai upaya peningkatan kualitas pembelajaran IPA dengan mengintegrasikan prinsip pembelajaran yang mendidik,  teori belajar dan praktik pembelajaran  dalam kerangka berpikir pendidik sains yang efektif dan paradigma pendidikan sains abad ke 21 secara ilmiah, kritis, dan bertanggungjawab. 

 Materi Pokok (per Minggu):

  1. Memahami tujuan matakuliah Belajar dan Pembelajaran Sains dalam  rangka meningkatkan PCK pendidik dan calon pendidik.
  2. Memahami esensi dan karakteristik teori-teori belajar.
  3. Mengkreasi bahan presentasi mengenai Teori-teori  Belajar dengan kreatif, jujur, dan bertanggung jawab serta menyajikannya dalam forum diskusi kelas. 
  4. Memahami taksonomi hasil belajar menurut Bloom, Krathwohl dan Anderson.
  5. Mengkreasi rumusan tujuan pembelajaran  berdasarkan hasil analisis standar isi pelajaran IPA SMP dan SMA.
  6. Memahami  Hakikat dan tujuan pendidikan  dan Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar & Menengah.
  7. Menyusun Rencana Proyek investigasi tentang pandangan guru dan siswa SMP dan SMA mengenai sains di sekolah.
  8. Mengkomunikasikan hasil investigasi dalam bentuk laporan Proyek, secara ilmiah, jujur, kreatif, sistematis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
  9. MID SEMESTER
  10. Memahami pentingnya Literasi Sains bagi masyarakat belajar.
  11. Memahami pentingnya Keterampilan Proses Sains bagi masyarakat belajar.
  12. Mengkreasi rencana pembelajaran pada topik tertentu yang berorientasi pada  pengembangan  literasi sains.
  13. Menyajikan hasil kreasi Desain Pembelajaran untuk mengembangkan literasi sains.
  14. Mengkreasi Desain Pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan proses sains.
  15. Menyajikan hasil kreasi Desain Pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan proses  sains.
  16. UJIAN AKHIR SEMESTER

Biologi lingkungan
- Prof. Dr. H. Agil Al Idrus, M.Si
Pendidikan IPA

Biologi lingkungan

Setelah kuliah mahasiswa diharap daoat menganalisis konsep lingkungan, daya dukung, daya lenting, keanekaragaman hayati polusi, konsep andal yg dapat digunakan untuk mengantisipasi krisis lingkungan

Bioteknologi
- Dr. H. Mahrus, M.Si- Drs. Lalu Zulkifli, M.Si., Ph.D.
Pendidikan IPA

Bioteknologi

Mahasiswa mampu mendeskripsikan konsep dasar bioteknologi dan peranan ilmu pengetahan lain yang mendukung perkembangannya, konsep dasar biologi molekuler dan  DNA rekombinan dan aplikasinya dalam bioteknologi mikroba, tumbuhan,  hewan, kedokteran, akuatik, bioremediasi dan regulasinya dan bioetika sebagai dasar dan landasan dalam membangun kemandirian sikap dalam menghadapi isu-isu kebijakan dan implementasi bioteknologi dan dalam mengkomunikasikan dampak bioteknologi bagi sains, lingkungan dan masyarakat.       

DESAIN INSTRUMEN PENELITIAN PENDIDIKAN IPA
- Dr. H. Agus Ramdani, M.Sc- Dr. H. Wildan, M.Pd.- Dr. Muh. Makhrus, M.Pd.
Pendidikan IPA

DESAIN INSTRUMEN PENELITIAN PENDIDIKAN IPA

Desain Instrumen Penelitian merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Mataram, dengan bobot perkuliahan sebanyak 2 sks. Setelah mengikuti serangkaian kegiatan perkuliahan meliputi tatap muka, penugasan, presentasi, dan diskusi, mahasiswa diharapkan dapat menguasai konsep teoritis tentang desain instrumen penelitian dan mampu mengembangkan instrumen penelitian berupa assessment of learning, assessment for learning, dan assessment as learning dengan mengacu pada variabel-variabel dalam proposal tesis yang akan disusun. Pengembangan instrumen penelitian tersebut meliputi  beberapa materi yaitu sebagai berikut: (1) konsep dasar, tujuan, manfaat, jenis, dan karakteristik desain instrumen penelitian pendidikan IPA; (2) konsep dasar penilaian (assessment), pendekatan penilaian (assessment approach), dimensi IPA, dimensi pengetahuan, dan dimensi ranah kognitif; (3) kedudukan instrumen pengumpul data dalam penelitian, faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam memilih instrumen pengumpulan data, dan langkah-langkah menyusun instrumen penelitian; (4) menyusun rumusan masalah, tujuan penelitian, dan hipotesis penelitian serta menentukan data dan instrumen pengumpul data; dan (5) menyusun instrumen penelitian pendidikan IPA terkait dengan judul tesis yang diajukan.

 

 

 

Elektrodinamika
- Drs. Aris Doyan, M.Si.,Ph.D
Pendidikan IPA

Elektrodinamika

Setelah mengikuti perkuliahan elektrodinamika diharapkan mahasiswa magister IPA konsentrasi fisika dapat mengusai analisis vektor, elektrostatis; hukum Coulomb, kuat medan....

Filsafat Pend Ilmu Alam Agust 24
- Prof. Dr. Mukhlis, M.Si
Pendidikan IPA

Filsafat Pend Ilmu Alam Agust 24

DESKRIPSI MATA KULIAH FILSAFAT ILMU


Mata Kuliah                            :           Filsafat Pendidikan IPA

Jumlah SKS                            :           2 SKS

Semester                                  :           1

Deskripsi Mata Kuliah            :

Mempelajari hakikat ilmu pengetahuan dari sudut pandangan ontologi, epistemologi dan etika. Pengalaman belajar filsafat ilmu bertujuan untuk membentuk wawasan dan kemampuan mahasiswa agar dapat berperan dalam kegiatan pengembangan ilmu. Pokok-pokok bahasan meliputi: kriteria kebenaran; dasar-dasar ilmu pengetahuan, peranan teori dalam pengembangan ilmu pengeetahuan, tujuan ilmu pengetahuan, prosedur pengembangan ilmu pengetahuan, dan kerangka berpikir ilmiah; ethos ilmu pengetahuan, perkembangan ilmu dan teknologi serta pengaruhnya terhadap tata nilai kebudayaan dan kehidupan bangsa; filsafat ilmu dalam bidang studi.


Fisika  Modern
Dra. Susilawati, M.Si.,Ph.D 196708311992012001
Pendidikan IPA

Fisika Modern

Matakuliah Fisika Modern memberikan bekal pengetahuan kepada mahasiswa Magister Pendidikan IPA yang dengan kehkhasan fisika untuk lebih mendalami teori-teori modern yang di awali dengan pembahasan prinsip relativitas, gejala kuantum, Fungsi gelombang, spektrum atom hodrogen, tingkat energi sampai pada diskusi tentang statistik MB, statistik BE, dan statistik FE.

Fisika Modern
Dra. Susilawati, M.Si.,Ph.D 196708311992012001
Pendidikan IPA

Fisika Modern

  • 1 (saat ini)
  • 2
  • » Laman selanjutnya

Tetap terhubung

Tim SPADA UNRAM

  • https://daring.unram.ac.id
  • 0370-633007
  • spada@unram.ac.id
Dapatkan aplikasi seluler

Dengan bangga dibuat dengan

Moodle logo

Dibuat dengan oleh conecti.me