Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Magister Pendidikan IPA
Mata kuliah ini menuntut keterampilan mahasiswa dalam mengkaji lingkungan belajar berupa lingkungan fisik dan non fisik sekolah termasuk budaya, data sekolah. Selain itu mengembangkan keterampilan penyusunan perangkat pembelajaran (kurikulum, Modul ajar/ silabus, RPP, materi ajar, media dan instrumen evaluasi proses dan hasil belajar serta rencana tindak lanjut.
Pembelajaran bersama guru pamong dan dosen pembimbing. Mengkaji tugas tambahan guru di luar tugas yang sifatnya akademis. Serta melaksanakan pembelajaran sesuai dengan tagihan standar proses dan evaluasi serta menyusun laporan kegiatan secara komprehensif.
PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN IPA 2024
Mata kuliah ini merupakan kuliah dasar pada
program studi magister pendidikan IPA. Mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan
kurikulum pendidikan IPA secara bertanggung jawab sesuai etika akademik
berdasarkan kajian analisis ilmiah serta mengkomunikasikannya secara baik.
Standar isi meliputi: hakekat dan konsep kurikulum IPA, prinsip-prinsip
pengembangan kurikulum IPA, model-model desain kurikulum IPA, perkembangan kurikulum
IPA dari masa ke masa, ranah-ranah tujuan pembelajaran, standar kompetensi
lulusan/capaian pembelajaran, isi, proses, dan evalausi pembelajaran,
pengembangan pembelajaran IPA sesuai kebijakan merdeka belajar, model konsep
penyelesaian masalah dalam implementasi kurikulum IPA, prinsip-prinsip analisis
kurikulum IPA, teknik analisis kurikulum IPA, pengembangan kurikulum IPA sekolah
dan pendidikan tinggi, dan model rencana
riset dalam bidang kurikulum. Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan dalam
bentuk diskusi, tanya jawab, dan inkuiri dengan penyelesaian tugas penyusunan
dan penyajian makalah, reviu buku dan jurnal, serta studi lapangan pemecahan
masalah implementasi kurikulum IPA di sekolah
Analisis Data Penelitian Pendidikan IPA
Mata kuliah Analisis Data Penelitian Pendidikan IPA untuk mahasiswa Magister Pendidikan IPA Pascasarjana Universitas Mataram
Filsafat Pendidikan IPA Agust 2023
1. Deskripsi Matakuliah
Mempelajari hakikat ilmu pengetahuan dari sudut pandangan ontologi, epistemologi dan etika. Pengalaman belajar filsafat ilmu bertujuan untuk membentuk wawasan dan kemampuan mahasiswa agar dapat berperan dalam kegiatan pengembangan ilmu. Pokok-pokok bahasan meliputi: kriteria kebenaran; dasar-dasar ilmu pengetahuan, peranan teori dalam pengembangan ilmu pengeetahuan, tujuan ilmu pengetahuan, prosedur pengembangan ilmu pengetahuan, dan kerangka berpikir ilmiah; ethos ilmu pengetahuan, perkembangan ilmu dan teknologi serta pengaruhnya terhadap tata nilai kebudayaan dan kehidupan bangsa; filsafat ilmu dalam bidang studi.
2. Capaian Pembelajaran Matakuliah
CPMK1 Mampu menganalisis hakikat, konsep, dan prinsip, Filsafat Pendidikan IPA CPMK2 Mampu mengevaluasi perkembangan kurikulum IPA di Indonesia dan negara lain CPMK3 Mampu menganalisis keterkaitan standar kompetesi lulusan, isi, proses dan evaluasi terkait dengan implementasi kurikulum CPMK4 Mampu menganalisis dan mengevaluasi implementasi kurikulum IPA sesuai konsep merdeka belajar CPMK5 Mampu mengembangkan kurikulum IPA sesuai kondisi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan tuntutan keterampilan abad 21, serta peraturan dan kebijakan yang berlaku secara bertanggung jawab sesuai etika akademik dan berdasarkan kajian bersifat analisis CPMK6 Mampu mendisain rencana riset terkait dengan pengembangan kurikulum IPA sesuai tuntutan abad 21
3. Bahan Kajian
Hakekat, landasan dan konsep filosofi pendidikan IPA
Kemampuan berpikir logis, sistematis, kritis, kreatif dan inovatif,
Menerapkan metode penelitian dalam penyusunan proposal tesis dan mengkomunikasikannya di depan kelas
Hakekat dan konsep kurikulum IPA • Prinsip-prinsip pengembangan kurikulum IPA • Teknik evaluasi model desain kurikulum IPA sekolah • Teknik analisis ranah-ranah tujuan pembelajaran • Pengembangkan tagihan standar isi, proses dan evalausi pembelajaran • Mengembangkan pembelajaran IPA sekolah sesuai kebijakan merdeka belajar • Memecahkan masalah implementasi kurikulum IPA di sekolah sesuai kebijakan merdeka belajar • Mengembangkan prinsip-prinsip analisis kurikulum IPA • Mengembangkan teknik-teknik analisis Kurikulum IPA • Mengembangkan kurikulum IPA di sekolah dan perguruan tinggi • Riset dalam bidag kurikulum IPA.
Manajemen dan Supervisi PIPA LisAgust24
Deskripsi mata kuliah :
Pada mata kuliah ini mahasiswa mengkaji tentang Konsep dasar, ruang lingkup, fungsi dan
tugas manajemen dan supervisi di
sekolah. Selain itu mengkaji impelementasi bagaimana implementasi Manajemen berbasis sekolah, kepemimpinan
sekolah, manajemen keuangan sekolah. manajemen kesisiswaan dan humas, manajemen
sarana pra sarana : ruang kelas, laboratorium perpustakaan, lingkungang sekolah, manajemen pengembangan tenaga pendidik dan kependidikan, manajemen bimbingan
konseling sekolah, manajemen kurikulum pembelajaran dan penjaminan mutu
internal sekolah, sistem manajemen sekolah abad 21 berbasis teknologi informasi dan sistem manajemen belajar berbasis teknologi. Mahaisisw adiminta
mengkomunikasikan secara tertulis dan liasan etika hasil kajiannya masing
masing disekolah sesuai dengan nilai, norma dan etika akademik
Metode Penelitian Pendidikan IPA
Mata kuliah Metodologi Penelitian (2 sks) dirancang untuk memfasilitasi mahasiswa menerapkan pengetahuan tentang konsep, prinsip,dan prosedur penelitian ilmiah dalam rangka menyusun proposal tugas akhir mahasiswa (tesis). Kegiatan belajar ditekankan pada analisis kritis dan telaah mendalam jurnal-jurnal ilmiah dalam bidang IPA (meliputi fisika, kimia, biologi dan keterpaduannya) dan pendidikan IPA, serta menyajikan hasilnya didalam forum diskusi. Disamping itu, mahasiswa juga berlatih untuk mengembangkan instrumen penelitian yang relevan dengan bidang minatnya, sekaligus prosedur validasi intrumen dan teknik pengumpulan dan analisis datanya. Di akhir pembelajaran mahasiswa menghasilkan proposal penelitian, yang akan dilanjutkan menjadi proposal tesis.
Metode Penelitian Pendidikan IPA (MPIPA)
Mata kuliah Metodologi Penelitian (2 sks) dirancang untuk memfasilitasi mahasiswa menerapkan pengetahuan tentang konsep, prinsip,dan prosedur penelitian ilmiah dalam rangka menyusun proposal tugas akhir mahasiswa (tesis). Kegiatan belajar ditekankan pada analisis kritis dan telaah mendalam jurnal-jurnal ilmiah dalam bidang IPA (meliputi fisika, kimia, biologi dan keterpaduannya) dan pendidikan IPA, serta menyajikan hasilnya didalam forum diskusi. Disamping itu, mahasiswa juga berlatih untuk mengembangkan instrumen penelitian yang relevan dengan bidang minatnya, sekaligus prosedur validasi intrumen dan teknik pengumpulan dan analisis datanya. Di akhir pembelajaran mahasiswa menghasilkan proposal penelitian, yang akan dilanjutkan menjadi proposal tesis.
Belajar & Pembelajaran IPA
CPMK: Mampu mengkomunikasikan secara lisan dan tertulis gagasan mengenai upaya peningkatan kualitas pembelajaran IPA dengan mengintegrasikan prinsip pembelajaran yang mendidik, teori belajar dan praktik pembelajaran dalam kerangka berpikir pendidik sains yang efektif dan paradigma pendidikan sains abad ke 21 secara ilmiah, kritis, dan bertanggungjawab.
Materi Pokok (per Minggu):
- Memahami tujuan matakuliah Belajar dan Pembelajaran Sains dalam rangka meningkatkan PCK pendidik dan calon pendidik.
- Memahami esensi dan karakteristik teori-teori belajar.
- Mengkreasi bahan presentasi mengenai Teori-teori Belajar dengan kreatif, jujur, dan bertanggung jawab serta menyajikannya dalam forum diskusi kelas.
- Memahami taksonomi hasil belajar menurut Bloom, Krathwohl dan Anderson.
- Mengkreasi rumusan tujuan pembelajaran berdasarkan hasil analisis standar isi pelajaran IPA SMP dan SMA.
- Memahami Hakikat dan tujuan pendidikan dan Pembelajaran Sains di Sekolah Dasar & Menengah.
- Menyusun Rencana Proyek investigasi tentang pandangan guru dan siswa SMP dan SMA mengenai sains di sekolah.
- Mengkomunikasikan hasil investigasi dalam bentuk laporan Proyek, secara ilmiah, jujur, kreatif, sistematis dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
- MID SEMESTER
- Memahami pentingnya Literasi Sains bagi masyarakat belajar.
- Memahami pentingnya Keterampilan Proses Sains bagi masyarakat belajar.
- Mengkreasi rencana pembelajaran pada topik tertentu yang berorientasi pada pengembangan literasi sains.
- Menyajikan hasil kreasi Desain Pembelajaran untuk mengembangkan literasi sains.
- Mengkreasi Desain Pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan proses sains.
- Menyajikan hasil kreasi Desain Pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan proses sains.
- UJIAN AKHIR SEMESTER
Biologi lingkungan
Bioteknologi
Mahasiswa mampu
mendeskripsikan konsep dasar bioteknologi dan peranan ilmu pengetahan lain yang
mendukung perkembangannya, konsep dasar biologi molekuler dan DNA rekombinan dan aplikasinya dalam bioteknologi
mikroba, tumbuhan, hewan, kedokteran, akuatik,
bioremediasi dan regulasinya dan bioetika sebagai dasar dan landasan dalam
membangun kemandirian sikap dalam menghadapi isu-isu kebijakan dan implementasi
bioteknologi dan dalam mengkomunikasikan dampak bioteknologi bagi sains,
lingkungan dan masyarakat.
DESAIN INSTRUMEN PENELITIAN PENDIDIKAN IPA
Desain Instrumen Penelitian merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Mataram, dengan bobot perkuliahan sebanyak 2 sks. Setelah mengikuti serangkaian kegiatan perkuliahan meliputi tatap muka, penugasan, presentasi, dan diskusi, mahasiswa diharapkan dapat menguasai konsep teoritis tentang desain instrumen penelitian dan mampu mengembangkan instrumen penelitian berupa assessment of learning, assessment for learning, dan assessment as learning dengan mengacu pada variabel-variabel dalam proposal tesis yang akan disusun. Pengembangan instrumen penelitian tersebut meliputi beberapa materi yaitu sebagai berikut: (1) konsep dasar, tujuan, manfaat, jenis, dan karakteristik desain instrumen penelitian pendidikan IPA; (2) konsep dasar penilaian (assessment), pendekatan penilaian (assessment approach), dimensi IPA, dimensi pengetahuan, dan dimensi ranah kognitif; (3) kedudukan instrumen pengumpul data dalam penelitian, faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam memilih instrumen pengumpulan data, dan langkah-langkah menyusun instrumen penelitian; (4) menyusun rumusan masalah, tujuan penelitian, dan hipotesis penelitian serta menentukan data dan instrumen pengumpul data; dan (5) menyusun instrumen penelitian pendidikan IPA terkait dengan judul tesis yang diajukan.
Elektrodinamika
Setelah mengikuti perkuliahan elektrodinamika diharapkan mahasiswa magister IPA konsentrasi fisika dapat mengusai analisis vektor, elektrostatis; hukum Coulomb, kuat medan....
Filsafat Pend Ilmu Alam Agust 24
DESKRIPSI MATA KULIAH FILSAFAT ILMU
Mata Kuliah : Filsafat Pendidikan IPA
Jumlah SKS : 2 SKS
Semester : 1
Deskripsi Mata Kuliah :
Mempelajari hakikat ilmu pengetahuan dari sudut pandangan ontologi, epistemologi dan etika. Pengalaman belajar filsafat ilmu bertujuan untuk membentuk wawasan dan kemampuan mahasiswa agar dapat berperan dalam kegiatan pengembangan ilmu. Pokok-pokok bahasan meliputi: kriteria kebenaran; dasar-dasar ilmu pengetahuan, peranan teori dalam pengembangan ilmu pengeetahuan, tujuan ilmu pengetahuan, prosedur pengembangan ilmu pengetahuan, dan kerangka berpikir ilmiah; ethos ilmu pengetahuan, perkembangan ilmu dan teknologi serta pengaruhnya terhadap tata nilai kebudayaan dan kehidupan bangsa; filsafat ilmu dalam bidang studi.
Fisika Modern
IPA TERPADU - Kimia
Matakuliah IPA terpadu membahas tentang fenomena alam dalam kehidupan sehari-hari yang terkait dengan konsep IPA dari aspek pengetahuan kimia, fisika dan biologi secara terintegrasi. Metode perkuliahan menekankan pada kemandirian belajar mahasiswa untuk mengembangkan kemampuannya dalam berpikir tingkat tinggi.