Teori Komunikasi I (B)
Mata kuliah Teori Komunikasi I membahas pengertian teori komunikasi, pengelompokan berbagai pendekatan, atau kerangka analisis dan perspektif yang ada dalam ilmu komunikasi; asumsi-asumsi
teoritis tentang berbagai peristiwa komunikasi dalam kehidupan manusia menurut
ruang lingkup, waktu dan konteksnya. Secara khusus, Teori Komunikasi I membahas teori yang termasuk dalam ruang lingkup The Self and Messages serta Relationship Development.
JOURNALISM FOR CIVICS SCIENCE
Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mengenal (knowing), memahami (understanding), atau memiliki pengetahuan dasar (basic knowledge) seputar dunia jurnalistik, khususnya mengenal cara kerja wartawan, lembaga pers (media), hukum dan etika jurnalistik, serta produk jurnalistik. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat menulis sebuah berita langsung yang memenuhi kaidah WH1H dengan struktur piramida terbalik.
Data-Driven Journalism (Basic Course)
Dalam mata
kuliah ini mahasiswa akan mempelajari bagaimana
mengumpulkan dan menginterpretasikan
data kuantitatif, mengaplikasikan analisis matematis dalam konteks pelaporan
berita dan menggunakan penalaran numerik untuk mengatur dan menyajikan sebuah
berita menjadi berita umum kepada audiens secara profesional. Mata kuliah ini dirancang
bagi mahasiswa agar dapat mencari, mengolah, memvisualisasikan, dan menarasikan
data dengan kaidah jurnalisme profesional. Mahasiswa akan belajar bagaimana menggunakan
aneka alat dan perlengkapan
jurnalisme berbasis data sebagai sarana untuk mengembangkan dan menguji
hipotesis yang mengarah pada cerita berbasis data yang transparan dan dapat
direproduksi. Mata kuliah ini berbasis proyek (project-based
learning) baik untuk Ujian Tengah Semester maupun Ujian Akhir Semester
Etika & Hukum PR
Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis praktik etika dan hukum PR di Indonesia berdasarkan kode etik profesi PR yang ada.
Pengantar Hubungan Masyarakat
Filsafat Ilmu Komunikasi C
Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah ini didesain bagi mahasiswa semester awal pada program studi ilmu komunikasi untuk memahami kajian filsafat ilmu sebagai landasan bagi kaidah-kaidah ilmiah dalam kajian ilmu komunikasi. Lebih jauh, mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami landasan ontologis, epistemologis dan aksiologis yang perlu dijalankan dalam kajian ilmu komunikasi, dalam konstelasi paradigma-paradigma ilmu sosial, serta perspektif dan teori-teori komunikasi.
“Strong minds discuss ideas, average minds discuss events, weak minds discuss people”
― SocratesPUBLIC SPEAKING
Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa untuk mempersiapkan diri, baik hard skill maupun soft skill guna memperlancar aktivitas public speaking. Persiapan public speaking secara hard skill meliputi beberapa tahap, seperti menyusun perencanaan public speaking, menentukan tema atau topik, menganalisa target sasaran public speaking, menyusun materi public speaking, mengumpulkan bahan pendukung, persiapan psikologis serta melakukan evaluasi diri. Sedangkan persiapan secara soft skill adalah persiapan secara psikologis dengan melakukan evaluasi diri, penguasaaan materi, meningkatkan kepercayaan diri, serta kemampuan berbicara di depan umum.
Pengantar Kajian Media dan Budaya (A)
Apa yang akan kita pelajari di mata kuliah ini?
Objek studi ilmu komunikasi adalah bentuk pertukaran pesan langsung (face to face) maupun yang termediasi (melalui media). Fokus perhatian Kajian Media dan Budaya (KMB) adalah komunikasi yang termediasi.
Apa pun bentuknya, komunikasi tak lepas dari konteks sosial, ekonomi, politik, dan budaya manusia yang terlibat di dalamnya. Dalam dunia yang saat ini didominasi oleh pesan-pesan termediasi oleh aneka media massa dan media digital, kita perlu mencermati mana realitas yang sebenarnya, dan mana yang bukan.
Kita harus terus bertanya; siapa yang saat ini membentuk realitas sosial kita? Di mana realitas sosial itu diciptakan? Dalam kondisi sosial, ekonomi, politik dan budaya seperti apa realitas itu diproduksi, ditayangkan, disebarkan? Siapa yang mempunyai kepentingan di balik penayangan dan penyebarluasan tersebut? Lalu, apakah masyarakat kita hanya sekumpulan masyarakat yang pasif di hadapan aneka pesan dan intrik media?
Itulah sejumlah pertanyaan yang mau dijawab dalam mata kuliah KMB ini. Kita akan membicarakan konsep budaya secara umum, dan konsep budaya dalam konteks media and cultural studies. Kita akan membahas televisi, fiksi, film, surat kabar dan majalah, budaya pop, musik pop, konsumsi dalam hidup sehari-hari, serta internet dan media sosial.
Mari belajar. Tampaknya ini menyenangkan. 😊
FILSAFAT ILMU KOMUNIKASI D
Mata kuliah ini didesain bagi mahasiswa semester awal pada program studi ilmu komunikasi untuk memahami kajian filsafat ilmu sebagai landasan bagi kaidah-kaidah ilmiah dalam kajian ilmu komunikasi. Lebih jauh, mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami landasan ontologis, epistemologis dan aksiologis yang perlu dijalankan dalam kajian ilmu komunikasi, dalam konstelasi paradigma ilmu sosial, serta dalam konstelasi perspektif dan teori-teori komunikasi.
Public Speaking
Mata kuliah Public speaking merupakan bentuk kegiatan Teknik dan strategi berbicara di depan publik. Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa untuk mempersiapkan diri, baik hard skill maupun soft skill guna memperlancar aktivitas public speaking. Persiapan public speaking secara hard skill meliputi beberapa tahap, seperti menyusun perencanaan public speaking, menentukan tema atau topik, menganalisa target sasaran public speaking menyusun materi public speaking pengumpulan bahan pendukung, persiapan psikologis serta melakukan evaluasi diri. Sedangkan persiapan secara soft skill adalah persiapan secara psikologis dengan melakukan evaluasi diri, penguasaan materi, meningkatkan kepercayaan diri, kontrol diri serta kemampuan berbicara di depan umum.
Psikologi Komunikasi A
Mata kuliah ini disusun untuk memberikan
pemahaman dasar kepada mahasiswa tentang psikologi sosial pada umumnya dan psikologi komunikasi. Untuk itu pada
perkuliahan pertama disajikan tujuan, arah, dan target
mata kuliah, serta memahami pengertian dan ruang lingkup psikologi sosial.
Kemudian dilanjutkan dengan topik tentang perspektif dalam psikologi sosial untuk
memberikan pemahaman tentang perilaku manusia dari berbagai perspektif, pemahaman
tentang diri pribadi dan diri sosial, kognisi sosial, persepsi sosial dan atribusi sosial, sikap dan perilaku, perilaku dalam kelompok, konformitas,
ketaatan dan kepatuhan, daya tarik interpersonal, perilaku prososial dan
altruisme, agresi, prasangka dan diskriminasi dan akhirnya dilakukan pengkajian
tentang isu-isu dan dan topik-topik aktual mengenai psikologi sosial sehingga
mahasiswa memahami teori dasar, konsep dan fenomena yang terjadi
di lingkungannya.