;
Font size
  • A-
  • A
  • A+
Site color
  • R
  • A
  • A
  • A
Universitas Mataram
    Matakuliah
    All courses Course search
    Panduan
    Pedoman SPADA Aktivasi Akun Dosen Mahasiswaa
    Link Terkait
    Universitas Mataram Sitsem Informasi Akademik Sistem Informasi Registarsi
  • Login
  • Bahasa Indonesia ‎(id)‎ English ‎(en)‎
  • Log in

    Access to the platform

    Forgotten your username or password?

  • Log in
Skip to main content

Ilmu Komunikasi

  1. Home
  2. Courses
  3. Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  4. Ilmu Komunikasi
  • 1 (current)
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • » Next page
Teori Komunikasi I (B)
AURELIUS RL TELUMA, S.S., M.A
Ilmu Komunikasi

Teori Komunikasi I (B)

Mata kuliah Teori Komunikasi I membahas pengertian teori komunikasi, pengelompokan berbagai pendekatan, atau kerangka analisis dan perspektif yang ada dalam ilmu komunikasi; asumsi-asumsi teoritis tentang berbagai peristiwa komunikasi dalam kehidupan manusia menurut ruang lingkup, waktu dan konteksnya. Secara khusus, Teori Komunikasi I membahas teori yang termasuk dalam ruang lingkup The Self and Messages serta Relationship Development. 

ACADEMIC WRITING B (2022)
AURELIUS RL TELUMA, S.S., M.A
Ilmu Komunikasi

ACADEMIC WRITING B (2022)

JOURNALISM FOR CIVICS SCIENCE
AURELIUS RL TELUMA, S.S., M.A
Ilmu Komunikasi

JOURNALISM FOR CIVICS SCIENCE

Dalam mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mengenal (knowing), memahami (understanding), atau memiliki pengetahuan dasar (basic knowledge) seputar dunia jurnalistik, khususnya mengenal cara kerja wartawan, lembaga pers (media), hukum dan etika jurnalistik, serta produk jurnalistik. Pada akhir perkuliahan diharapkan mahasiswa dapat menulis sebuah berita langsung yang memenuhi kaidah WH1H dengan struktur piramida terbalik.

Data-Driven Journalism (Basic Course)
AURELIUS RL TELUMA, S.S., M.A
Ilmu Komunikasi

Data-Driven Journalism (Basic Course)


Dalam mata kuliah ini mahasiswa akan mempelajari bagaimana mengumpulkan dan  menginterpretasikan data kuantitatif, mengaplikasikan analisis matematis dalam konteks pelaporan berita dan menggunakan penalaran numerik untuk mengatur dan menyajikan sebuah berita menjadi berita umum kepada audiens secara profesional. Mata kuliah ini dirancang bagi mahasiswa agar dapat mencari, mengolah, memvisualisasikan, dan menarasikan data dengan kaidah jurnalisme profesional. Mahasiswa akan belajar bagaimana menggunakan aneka alat dan perlengkapan jurnalisme berbasis data sebagai sarana untuk mengembangkan dan menguji hipotesis yang mengarah pada cerita berbasis data yang transparan dan dapat direproduksi. Mata kuliah ini berbasis proyek (project-based learning) baik untuk Ujian Tengah Semester maupun Ujian Akhir Semester

mata kuliah uji coba
- Muhammad Jamiluddin Nur
Ilmu Komunikasi

mata kuliah uji coba

uji coba

Teori Komunikasi D
Shinta Desiyana Fajarica, S.IP., M.Si
Ilmu Komunikasi

Teori Komunikasi D

Etika & Hukum PR
Shinta Desiyana Fajarica, S.IP., M.Si
Ilmu Komunikasi

Etika & Hukum PR

Mahasiswa diharapkan mampu menganalisis praktik etika dan hukum PR di Indonesia berdasarkan kode etik profesi PR yang ada.


Pengantar Hubungan Masyarakat
Shinta Desiyana Fajarica, S.IP., M.Si
Ilmu Komunikasi

Pengantar Hubungan Masyarakat

Mata Kuliah Pengantar Humas menguraikan tentang dasar-dasar dari pengertian, peran dan fungsi humas, corporate PR & Marketing PR, jenis khalayak dan aktivitas humas, manajemen humas, tahap kegiatan dan perencanaan kerja humas, media dan hubungan dengan media, etika humas dan CSR, isu-isu kekinian PR, serta menguraikan kompentensi yang dibutuhkan oleh seorang humas.

Filsafat Ilmu Komunikasi C
AURELIUS RL TELUMA, S.S., M.A
Ilmu Komunikasi

Filsafat Ilmu Komunikasi C

Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah ini didesain bagi mahasiswa semester awal pada program studi ilmu komunikasi untuk memahami kajian filsafat ilmu sebagai landasan bagi kaidah-kaidah ilmiah dalam kajian ilmu komunikasi. Lebih jauh, mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami landasan ontologis, epistemologis dan aksiologis yang perlu dijalankan dalam kajian ilmu komunikasi, dalam konstelasi paradigma-paradigma ilmu sosial, serta perspektif dan teori-teori komunikasi.


“Strong minds discuss ideas, average minds discuss events, weak minds discuss people” 

― Socrates

PUBLIC SPEAKING
Shinta Desiyana Fajarica, S.IP., M.SiYulanda Trisula  Sidarta Yohanes yulanda
Ilmu Komunikasi

PUBLIC SPEAKING

Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa untuk mempersiapkan diri, baik hard skill maupun soft skill guna memperlancar aktivitas public speaking. Persiapan public speaking secara hard skill meliputi beberapa tahap, seperti menyusun perencanaan public speaking, menentukan tema atau topik, menganalisa target sasaran public speaking, menyusun materi public speaking, mengumpulkan bahan pendukung, persiapan psikologis serta melakukan evaluasi diri. Sedangkan persiapan secara soft skill adalah persiapan secara psikologis dengan melakukan evaluasi diri, penguasaaan materi, meningkatkan kepercayaan diri, serta kemampuan berbicara di depan umum.


Teori Komunikasi C (New)
Shinta Desiyana Fajarica, S.IP., M.Si
Ilmu Komunikasi

Teori Komunikasi C (New)

Pengantar Kajian Media dan Budaya (A)
AURELIUS RL TELUMA, S.S., M.A
Ilmu Komunikasi

Pengantar Kajian Media dan Budaya (A)


Apa yang akan kita pelajari di mata kuliah ini?

Objek studi ilmu komunikasi adalah bentuk pertukaran pesan langsung (face to face) maupun yang termediasi (melalui media). Fokus perhatian Kajian Media dan Budaya (KMB) adalah komunikasi yang termediasi.

Apa pun bentuknya, komunikasi tak lepas dari konteks sosial, ekonomi, politik, dan budaya manusia yang terlibat di dalamnya. Dalam dunia yang saat ini didominasi oleh pesan-pesan termediasi oleh aneka media massa dan media digital, kita perlu mencermati mana realitas yang sebenarnya, dan mana yang bukan. 

Kita harus terus bertanya; siapa yang saat ini membentuk realitas sosial kita? Di mana realitas sosial itu diciptakan? Dalam kondisi sosial, ekonomi, politik dan budaya seperti apa realitas itu diproduksi, ditayangkan, disebarkan? Siapa yang mempunyai kepentingan di balik penayangan dan penyebarluasan tersebut? Lalu, apakah masyarakat kita hanya sekumpulan masyarakat yang pasif di hadapan aneka pesan dan intrik media? 

Itulah sejumlah pertanyaan yang mau dijawab dalam mata kuliah KMB ini. Kita akan membicarakan konsep budaya secara umum, dan konsep budaya dalam konteks media and cultural studies. Kita akan membahas televisi, fiksi, film, surat kabar dan majalah, budaya pop, musik pop, konsumsi dalam hidup sehari-hari, serta internet dan media sosial. 

Mari belajar. Tampaknya ini menyenangkan. 😊

FILSAFAT ILMU KOMUNIKASI D
AURELIUS RL TELUMA, S.S., M.A
Ilmu Komunikasi

FILSAFAT ILMU KOMUNIKASI D


Mata kuliah ini didesain bagi mahasiswa semester awal pada program studi ilmu komunikasi untuk memahami kajian filsafat ilmu sebagai landasan bagi kaidah-kaidah ilmiah dalam kajian ilmu komunikasi. Lebih jauh, mata kuliah ini bertujuan agar mahasiswa dapat memahami landasan ontologis, epistemologis dan aksiologis yang perlu dijalankan dalam kajian ilmu komunikasi, dalam konstelasi paradigma ilmu sosial, serta dalam konstelasi perspektif dan teori-teori komunikasi.

Media Relations B
Shinta Desiyana Fajarica, S.IP., M.Si
Ilmu Komunikasi

Media Relations B

Teknik Penulisan Ilmiah C
Shinta Desiyana Fajarica, S.IP., M.Si
Ilmu Komunikasi

Teknik Penulisan Ilmiah C

Public Speaking
Shinta Desiyana Fajarica, S.IP., M.SiYulanda Trisula  Sidarta Yohanes yulanda
Ilmu Komunikasi

Public Speaking

Mata kuliah Public speaking merupakan bentuk kegiatan Teknik dan strategi berbicara di depan publik. Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa untuk mempersiapkan diri, baik hard skill maupun soft skill guna memperlancar aktivitas public speaking. Persiapan public speaking secara hard skill meliputi beberapa tahap, seperti menyusun perencanaan public speaking, menentukan tema atau topik, menganalisa target sasaran public speaking menyusun materi public speaking  pengumpulan bahan pendukung, persiapan psikologis serta melakukan evaluasi diri. Sedangkan persiapan secara soft skill adalah persiapan secara psikologis dengan melakukan evaluasi diri, penguasaan materi, meningkatkan kepercayaan diri, kontrol diri serta kemampuan berbicara di depan umum.


Pengantar Jurnalistik D
AURELIUS RL TELUMA, S.S., M.A
Ilmu Komunikasi

Pengantar Jurnalistik D

Psikologi Komunikasi B
AURELIUS RL TELUMA, S.S., M.A
Ilmu Komunikasi

Psikologi Komunikasi B

Psikologi Komunikasi A
AURELIUS RL TELUMA, S.S., M.A
Ilmu Komunikasi

Psikologi Komunikasi A

Mata kuliah ini disusun untuk memberikan pemahaman dasar kepada mahasiswa tentang psikologi sosial pada umumnya dan psikologi komunikasi. Untuk itu pada perkuliahan pertama disajikan tujuan, arah, dan target mata kuliah, serta memahami pengertian dan ruang lingkup psikologi sosial. Kemudian dilanjutkan dengan topik tentang perspektif dalam psikologi sosial untuk memberikan pemahaman tentang perilaku manusia dari berbagai perspektif, pemahaman tentang diri pribadi dan diri sosial, kognisi sosial, persepsi sosial dan atribusi sosial, sikap dan perilaku, perilaku dalam kelompok, konformitas, ketaatan dan kepatuhan, daya tarik interpersonal, perilaku prososial dan altruisme, agresi, prasangka dan diskriminasi dan akhirnya dilakukan pengkajian tentang isu-isu dan dan topik-topik aktual mengenai psikologi sosial sehingga mahasiswa memahami teori dasar, konsep dan fenomena yang terjadi di lingkungannya. 

Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif C
AURELIUS RL TELUMA, S.S., M.A
Ilmu Komunikasi

Metode Penelitian Komunikasi Kuantitatif C

Ilustrasi

  • 1 (current)
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • » Next page

Stay in touch

Tim SPADA UNRAM

  • https://daring.unram.ac.id
  • 0370-633007
  • spada@unram.ac.id
Get the mobile app

Proudly made with

Moodle logo

Made with by conecti.me