Mata Kuliah ini Mengenalkan konsep periklanan beserta peran dan fungsinya di media multiplatform, termasuk pelaku dan sejarah perkembangannya. Sebagai ujung capaian pembelajaran, mahasiswa diharapkan mampu memproduksi iklan untuk masing-masing platform media sesuai dengan etika periklanan yang berlaku 


Mata kuliah Metode Penelitian Sosial mempelajari filosofi dan paradigma-paradigma ilmu sosial serta implementasinya dalam metode-metode penelitian sosialTermasuk di dalam pembahasan mata kuliah ini adalah aspek ontologis, epistemologis dan aksiologis ilmu sosial, paradigma-paradigma ilmu sosial, berbagai bentuk metode sosial yakni kualitatif dan kuantitatif,  desain penelitian, tahap dan proses penelitian  dalam ilmu sosial. Melalui presentasi materi, tutorial, latihan penyusunan desain penelitian dan penelitian, mahasiswa dapat menjelaskan dan menyusun suatu desain sampai dengan penulisan proposal dan pelaporan penelitian bidang ilmu sosial.


PengantarMata kuliah Metode Penelitian Komunikasi Kualitatif (2522121) merupakan mata kuliah wajib pada program studi Ilmu Komunikasi yang dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman komprehensif terhadap serangkaian prinsip, variasi paradigma, konsep dan teori dasar dalam lingkup metode penelitian kualitatif untuk ilmu komunikasi, agar mahasiswa dapat menggunakan konsep dan teori dasar tersebut dalam menganalisa fenomena dan masalah komunikasi.

Mahasiswa yang akan mengambil mata kuliah ini harus sudah mengambil mata kuliah Metode Penelitian Sosial terlebih dahulu. Hal ini disebabkan karena mata kuliah Metode Penelitian Kualitatif ini akan membahas lebih detail dan mendalam salah satu metode penelitian yang digunakan untuk meneliti masalah sosial dan komunikasi.   


Setelah belajar selama 1 semester (14 pertemuan) mahasiswa mampu memahami, menggunakan dan menghubungkan teori-teori komunikasi dengan realitas kehidupan sehari-hari dengan lebih kritis bersifat jujur, kreatif dan bertanggung jawab. Secara lebih spesifik: siswa mampu menjelaskan paradigma dan perspektif ilmu komunikasi, definisi Teori Komunikasi, manfaat mempelajari Teori Komunikasi, 7 tradisi teori komunikasi,  teori komunikasi yang berkaitan dengan diri dan pesan (self and messages), isi dan pengembangan hubungan (relationship development), (kelompok dan organisasi groups and organizations), Publik (public), media dan Budaya dan keragamam (culture and diversity).