Kelas D Pengengmbangan Pembelajaran Inovatif Sosiologi
Pada mata kuliah Pengembangan pembelajaran
inovatif sosiologi ini, mahasiswa
mempelajari kajian tentang:1) Konsep pengembangan pembelajaran,2) Pentingnya pengembangan
pembelajaran sosiologi ,3) hakekat Pembelajaran inovatif ,4) Pengembangan Pembelajaran
inovatif sosiologi
dalam
berbagai orientasi
Kelas D Pengembangan Bahan dan Media TIK Sosiologi
Pada mata kuliah Pengembangan bahan dan media TIK Sosiologi ini, mahasiswa mempelajari kajian antara lain: 1) Hakikat pengembangan bahan ajar,2) Mekanisme pengembangan bahan ajar sosiologi SMA/MA,3) Produk bahan ajar sosiologi SMA/MA,4) Hakikat media pembelajaran, 5) Jenis-jenis media pembelajaran sosiologi SMA/MA, 6) Produk media TIK pembelajaran sosiologi SMA/MA
Kelas A Pengembangan Bahan dan Media TIK Sosiologi
Setelah mengikuti serangkaian kegiatan perkuliahan dengan pendekatan student centred learning, mahasiswa Program studi Pendidikan Sosiologi semester V FKIP UNRAM diharapkan mampu mengembangkan bahan dan media pembelajaran Sosiologi di tingkat SMA/MA sesuai kurikulum yang berlaku.
Kelas C Pengembangan Pembelajaran Inovatif Sosiologi
Seminar Proposal 2024
Seminar Proposal 7B
Dosen Pengampu :
Prof. Dr. Sukardi, M.Pd
Ananda Wahidah, M.Pd
Mila Noviana, M.Pd
Profesi Kependidikan
Pada mata kuliah Profesi Kependidikan ini, mahasiswa mempelajari kajian tentang:1)Konsep profesi kependidikan sesuai dengan
bidang keilmuan , 2) Landasan Profesi kependidikan dan penerapannya dalam pendidikan, 3) Kode etik profesi kependidikan dan
aplikasinya dalam menjalankan profesi kependidikan, 4) Konsep dasar komptensi kependidikan dan jenis komptensi
kependidikan, 5) Kompetensi Pendidik dan merencanakan pengembangannya sebagai calon pendidik
Pendidikan Pancasila Kelas B
Mata kuliah Pendidikan Pancasila merupakan mata kuliah Pengembangan Keperibadaian (MPK) di Program Studi Pendidikan Sosiologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah Pendidikan Pancasila ini mempelajari tentang Pentingnya Pendidikan Pancasila di PT, Pancasila dalam kajian sejarah bangsa, Pancasila sebagai ideologi negara, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai sistem etika, Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan
Konsep Dasar IPS
Mata Kuliah ini memberikan bekal kepada
mahasiswa mengkaji hakekat Konsep Dasar IPS, mengkaji
Sejarah perkembangan IPS di Indonesia, ruang lingkup dan cakupan Konsep Dasar
IPS, penjajahan di Indonesia, dan akibat perjuangan dalam mencapai kemerdekaan,
mempertahankan dan mengisi kemerdekaan, konsep dasar geografi, sosiologi,
antropologi, Sejarah, ekonomi, politik yang berhubungan dengan kehidupan
manusia.
Ilmu Sosial Budaya Dasar Kelas A
Mata kuliah ini mahasiswa akan menjelaskan, mengidentifikasi, mendisksusikan serta menganalisis hakekat perkuliahan ISBD di Perguruan tinggi, manusia sebagai mahluk budaya, manusia sebagai mahluk individu dan sosial, manusia dan peradaban, manusia keragaman dan kesetaraan, manusia nilai, moral dan hukum, Peran sain teknologi dan seni dalam kehidupan bermasyarakat.
Micro Teaching Rombel E
Pada mata kuliah ini mahasiswa akan memahami, menganalisis, dan mempraktikkan konsep dasar pengajaran mikro (micro teaching); metode dan media pembelajaran aktif dalam kegiatan mengajar di kelas kecil; keterapilan dasar mengajar kelas kecil (micro); laporan kegiatan pembelajaran micro yang sudah dilaksanakan
Micro Teaching Rombel B
Pada mata kuliah ini mahasiswa akan memahami, menganalisis, dan mempraktikkan konsep dasar pengajaran mikro (micro teaching); metode dan media pembelajaran aktif dalam kegiatan mengajar di kelas kecil; keterapilan dasar mengajar kelas kecil (micro); laporan kegiatan pembelajaran micro yang sudah dilaksanakan
Micro Teaching Rombel F
Pada mata kuliah ini mahasiswa akan memahami, menganalisis, dan mempraktikkan konsep dasar pengajaran mikro (micro teaching); metode dan media pembelajaran aktif dalam kegiatan mengajar di kelas kecil; keterapilan dasar mengajar kelas kecil (micro); laporan kegiatan pembelajaran micro yang sudah dilaksanakan