Profesi Kependidikan
Pada mata kuliah Profesi Kependidikan ini, mahasiswa mempelajari kajian tentang:1)Konsep profesi kependidikan sesuai dengan
bidang keilmuan , 2) Landasan Profesi kependidikan dan penerapannya dalam pendidikan, 3) Kode etik profesi kependidikan dan
aplikasinya dalam menjalankan profesi kependidikan, 4) Konsep dasar komptensi kependidikan dan jenis komptensi
kependidikan, 5) Kompetensi Pendidik dan merencanakan pengembangannya sebagai calon pendidik
Pendidikan Pancasila Kelas B
Mata kuliah Pendidikan Pancasila merupakan mata kuliah Pengembangan Keperibadaian (MPK) di Program Studi Pendidikan Sosiologi dengan bobot 2 sks. Mata kuliah Pendidikan Pancasila ini mempelajari tentang Pentingnya Pendidikan Pancasila di PT, Pancasila dalam kajian sejarah bangsa, Pancasila sebagai ideologi negara, Pancasila sebagai sistem filsafat, Pancasila sebagai sistem etika, Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu pengetahuan
Konsep Dasar IPS
Mata Kuliah ini memberikan bekal kepada
mahasiswa mengkaji hakekat Konsep Dasar IPS, mengkaji
Sejarah perkembangan IPS di Indonesia, ruang lingkup dan cakupan Konsep Dasar
IPS, penjajahan di Indonesia, dan akibat perjuangan dalam mencapai kemerdekaan,
mempertahankan dan mengisi kemerdekaan, konsep dasar geografi, sosiologi,
antropologi, Sejarah, ekonomi, politik yang berhubungan dengan kehidupan
manusia.
Ilmu Sosial Budaya Dasar Kelas A
Mata kuliah ini mahasiswa akan menjelaskan, mengidentifikasi, mendisksusikan serta menganalisis hakekat perkuliahan ISBD di Perguruan tinggi, manusia sebagai mahluk budaya, manusia sebagai mahluk individu dan sosial, manusia dan peradaban, manusia keragaman dan kesetaraan, manusia nilai, moral dan hukum, Peran sain teknologi dan seni dalam kehidupan bermasyarakat.
Micro Teaching Rombel E
Pada mata kuliah ini mahasiswa akan memahami, menganalisis, dan mempraktikkan konsep dasar pengajaran mikro (micro teaching); metode dan media pembelajaran aktif dalam kegiatan mengajar di kelas kecil; keterapilan dasar mengajar kelas kecil (micro); laporan kegiatan pembelajaran micro yang sudah dilaksanakan
Micro Teaching Rombel B
Pada mata kuliah ini mahasiswa akan memahami, menganalisis, dan mempraktikkan konsep dasar pengajaran mikro (micro teaching); metode dan media pembelajaran aktif dalam kegiatan mengajar di kelas kecil; keterapilan dasar mengajar kelas kecil (micro); laporan kegiatan pembelajaran micro yang sudah dilaksanakan
Micro Teaching Rombel F
Pada mata kuliah ini mahasiswa akan memahami, menganalisis, dan mempraktikkan konsep dasar pengajaran mikro (micro teaching); metode dan media pembelajaran aktif dalam kegiatan mengajar di kelas kecil; keterapilan dasar mengajar kelas kecil (micro); laporan kegiatan pembelajaran micro yang sudah dilaksanakan
Ilmu Sosial Budaya Dasar Kelas C
Pada Mata kuliah ini mahasiswa akan menjelaskan, mengidentifikasi, mendisksusikan serta menganalisis hakekat perkuliahan ISBD di Perguruan tinggi, manusia sebagai mahluk budaya, manusia sebagai mahluk individu dan sosial, manusia dan peradaban, manusia keragaman dan kesetaraan, manusia nilai, moral dan hukum, Peran sain teknologi dan seni dalam kehidupan bermasyarakat.
Telaah Sosiologi Menengah B
Melalui serangkaian kuliah tatap muka, penugasan, dan
diskusi mahasiswa S-1 Pendidikan Sosiologi
diharapkan mampu menganalisis materi-materi sosiologi tentang sosiologi sebagai ilmu pengetahuan, individu kelompok dan hubungan sosial, ragam gejala sosial, metode penelitian sosial, pengelompokan sosial, permasalahan sosial, prinsip kesetaraan, konflik sosial dan resolusi konflik, pemecahan masalah sosial Perubahan Sosial, Masalah-masalah Sosial yang diakibatkan
Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi, Ketimpangan Sosial pertautannya dengan
Perubahan Sosial, Strategi dan Evaluasi
Pemberdayaan Komunitas pada Mata Pelajaran Soosiologi untuk Kelas XII
SMA/MA
Ilmu Sosial Budaya Dasar Kelas B Pendidikan Fisika
Mata kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar merupakan mata kuliah Berkehidupan bermasayarakat (MBB) di
Program Studi Pendidikan Fisika dengan bobot 2 sks. Mata kuliah ini hakekat perkuliahan ISBD
di Perguruan tinggi, manusia sebagai mahluk budaya, manusia sebagai mahluk
individu dan sosial, manusia dan peradaban, manusia keragaman dan kesetaraan,
manusia nilai, moral dan hukum, Peran sain teknologi dan seni dalam kehidupan
bermasyarakat.