Pembelajaran IPA SD Berbasis Etnopedagogi
Ilmu Kealaman Dasar
Mata kuliah Ilmu Kealamiahan Dasar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan dalam berbagai fenomena –fenomena sains yang ada disekitar kita. Kompetensi yang akan dicapai dan dikuasai mahasiswa yaitu kompetensi dalam memahami konsep sains dan menyelesaikan permasalahan/fenomena yang ditemui berbasis saintific process. Pada mata kuliah ini proses pembelajaran dilakukan dengan blended learning dengan metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) dan metode pembelajaran kelompok berbasis proyek (team-based project atau project based learning). Kemudian, blended learning dilaksanakan luring di kelas dan/atau LMS Universitas Mataram di daringunram.ac.id, sedangkan secara daring menggunakan Zoom Cloud Meeting. Penilaian Mata Kuliah ini bersumber dari penyelesaian kasus, penyelesaian proyek, keaktifan di kelas, tugas membuat ringkasan, membuat bagan, membuat artikel ujian tengah semester, dan ujian akhir semester yang mencerminkan CPL sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus yang dibebankan pada mata kuliah.
Pengembangan Bahan Ajar
Selamat datang di mata kuliah pengembangan bahan ajar program studi pendidikan guru sekolah dasar
Statistik Pendidikan
Mata kuliah Statistika untuk Penelitian Pendidikan ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman akan kegunaan statistik dalam penelitian pendidikan serta memampukan mereka untuk melakukan kajian-kajian terhadap data-data statistik untuk membuat kesimpulan-kesimpulan.
Diagnostik dan Remedial Teaching (2022)
Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah Diagnostik dan Remidial Teaching merupakan mata kuliah untuk mahasiswa semester 4 program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan status mata kuliah wajib dengan bobot mata kuliah 2 SKS. Mata kuliah ini membahas mengenai tinjauan teoritik tentang anak berkesulitan belajar, tinjauan dari aspek medis tentang kesulitan belajar, tinjauan dari aspek psikologis tentang kesulitan belajar, gangguan perkembangan motorik dan perseptual, bentuk asesmen kesulitan belajar, remedial pada anak kesulitan belajar, gangguan perkembangan kognitif, kesulitan belajar bahasa, kesulitan belajar menulis, kesulitan belajar matematika.
CPMK:
- Mampu memahami secara konseptual dan komprehensif
tentang Diagnostik Kesulitan Belajar.
- Mampu
mengidentifikasi kesulitan
belajar dan remedialnya di
sekolah secara nyata
PENDIDIKAN IPS SD (2)
Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah ini mengenai hakikat pendidikan IPS SD, hakekat IPS, perkembangan pendidikan IPS SD, dimensi IPS, ketrampilan IPS dan metode serta media IPS.
CPMK:
Melalui serangkaian kuliah tatap muka,
penugasan, dan diskusi, mahasiswa semester II PGSD
diharapkan mampu memahami dan menguasai substansi dan metodologi
dasar keilmuan dari materi Pendidikan IPS di SD yang mendukung pembelajaran IPS di SD/MI
MULOK (SENI BUDAYA DAERAH) 4A & 4B
Deskripsi Mata Kuliah:
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa untuk memahami kemudian dapat mengapresiasikan serta melestarikan Tradisi Budaya Lokal (Kelokalan) tiga suku besar yaitu Suku Sasak, Suku Samawa, dan Suku Mbojo, yang berupa sejarah, nilai-nilai kearifan lokal, kesenian, tradisi, keindahan alam, permainan tradisional, bahasa, serta makanan khas. Bahan perkuliahan meliputi Pengetahuan tentang muatan lokal, Seni Budaya, Suku sasak, suku Samawa, dan Suku Mbojo. Penilaian dilakukan melalui pemberian tugas kelompok, pengamatan presentasi, diskusi kelompok, dan ujian akhir semester.
CPMK:
- Mampu menjelaskan ruang lingkup Muatan Lokal.
- Mampu memahami
wawasan seni.
- Mampu memahami
kebudayaan.
- Mampu memahami
seni budaya suku Sasak.
- Mampu memahami
seni budaya suku Samawa.
- Mampu memahami
budaya suku Mbojo.
Mampu memahami metodologi penelitian dasar dalam mencari data Laporan hubungan dengan materi budaya sasak masing-masing suku di NTB.
Mampu Membuat video dan Mempublikasi dalam bentuk digital mengenai Adat, tradisi Budaya suku Sasak, Samawa dan Mbojo.
Muatan Lokal Seni Budaya 4G
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa untuk memahami kemudian dapat mengapresiasikan serta melestarikan Tradisi Budaya Lokal (Kelokalan) tiga suku besar yaitu Suku sasak, Suku Samawa, dan Suku Mbojo, yang berupa sejarah, nilai-nilai kearifan lokal, kesenian, tradisi, keindahan alam, permainan tradisional, bahasa, serta makanan khas. Bahan perkuliahan meliputi Pengetahuan tentang muatan lokal, Seni Budaya, Suku sasak, suku Samawa, dan Suku Mbojo. Penilaian dilakukan melalui pemberian tugas kelompok, pengamatan presentasi, diskusi kelompok, dan ujian akhir semester.
Pendidikan Sains SD
CPMK:
Memiliki pengetahuan tentang pengukuran, gaya, gerak, usaha dan energi, suhu dan kalor, bunyi dan indra pendengaran,
cahaya dan indra penglihatan, bentuk dan fungsi tubuh tumbuhan dan hewan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan
manusia, sistem organ (pencernaan, pernapasan, peredaran darah), sistem reproduksi hewan dan tumbuhan
siklus hidup pada hewan dan tumbuhan, ekosistem dan konservasi, siklus hidrologi, zat dan perubahannya, listrik dan
magnet serta tata surya.
Ilmu Alamiah Dasar 2022
Mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar merupakan Mata Kuliah Dasar Umum bagi
mahasiswa PGSD semester V. Mata kuliah ini mempelajari mengenai Alam Pikiran Manusia dan Perkembangannya, Metode
Ilmiah, Bumi dan Alam Semesta, Makhluk Hidup dan Ekosistem Alami, Sumber Daya
Alam, IPTEK Perkembangan dan Penerapannya, Zat Aditif dan Zat Adiktif,
Pencemaran Ligkungan, dan Bioteknologi.
Pengelolaan Kelas dan Pengajaran Mikro 6I-1
CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH Microteaching
Mahasiswa mampu memiliki keterampilan dasar mengajar yang professional sebagai calon guru SD, merancang perangkat pembelajaran dan membuat media/alat peraga berdasarkan konsep materi ajar di SD, serta mensimulasikan dalam proses pembelajaran di kelas sesuai dengan perangkat pembelajaran (RPP) yang dibuat.MK Prasyarat: Strategi Pembelajaran, Belajar dan Pembelajaran, & Media Pembelajaran SD
MULOK Seni Budaya Daerah 4E 2022
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa untuk memahami kemudian dapat mengapresiasikan serta melestarikan Tradisi Budaya Lokal (Kelokalan) tiga suku besar yaitu Suku sasak, Suku Samawa, dan Suku Mbojo, yang berupa sejarah, nilai-nilai kearifan lokal, kesenian, tradisi, keindahan alam, permainan tradisional, bahasa, serta makanan khas. Bahan perkuliahan meliputi Pengetahuan tentang muatan lokal, Seni Budaya, Suku sasak, suku Samawa, dan Suku Mbojo. Penilaian dilakukan melalui pemberian tugas kelompok, pengamatan presentasi, diskusi kelompok, dan ujian akhir semester.
MULOK Seni Budaya Daerah 4D 2022
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa untuk memahami kemudian dapat mengapresiasikan serta melestarikan Tradisi Budaya Lokal (Kelokalan) tiga suku besar yaitu Suku sasak, Suku Samawa, dan Suku Mbojo, yang berupa sejarah, nilai-nilai kearifan lokal, kesenian, tradisi, keindahan alam, permainan tradisional, bahasa, serta makanan khas. Bahan perkuliahan meliputi Pengetahuan tentang muatan lokal, Seni Budaya, Suku sasak, suku Samawa, dan Suku Mbojo. Penilaian dilakukan melalui pemberian tugas kelompok, pengamatan presentasi, diskusi kelompok, dan ujian akhir semester.
Pengantar Pendidikan Kelas 1A dan 1B
Pendidikan Seni Tari SD 2021
Pendidikan Seni Tari SD (2 SKS) merupakan salah satu mata kuliah yang diberikan kepada mahasiswa Jurusan Ilmu Pendidikan, Prodi PGSD. Pada mata kuliah ini mahasiswa diharapkan mampu menjelaskan konsep dasar pendidikan seni tari, menunjukkan tari tradisional NTB, mengkreasikan tari tradisi nusantara, mengombinasikan gerakan dengan musik pengiring sekaligus mampu merancang pembelajaran seni tari dengan pendekatan pembelajaran seni tari di sekolah dasar.