;
Font size
  • A-
  • A
  • A+
Site color
  • R
  • A
  • A
  • A
Universitas Mataram
    Matakuliah
    All courses Course search
    Panduan
    Pedoman SPADA Aktivasi Akun Dosen Mahasiswaa
    Link Terkait
    Universitas Mataram Sitsem Informasi Akademik Sistem Informasi Registarsi
  • Login
  • Bahasa Indonesia ‎(id)‎ English ‎(en)‎
  • Log in

    Access to the platform

    Forgotten your username or password?

  • Log in
Skip to main content

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

  1. Home
  2. Courses
  3. Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  4. Pendidikan Guru Sekolah Dasar
  • 1 (current)
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • » Next page
Muatan Lokal (Seni Budaya)
- Muhammad Sobri, M.Pd
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Muatan Lokal (Seni Budaya)

Mata kuliah Mulok (Seni Budaya Daerah) di Program Studi PGSD memuat tradisi budaya lokal tiga suku besar yaitu suku Sasak, suku Samawa, dan suku Mbojo, yang dibagi menjadi: 1) ruang lingkup muatan lokal; 2)wawasan seni; 3) kebudayaan; 4) seni budaya suku Sasak; 5) seni budaya suku Samawa; 6) seni budaya suku Mbojo.

Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal
- Muhammad Sobri, M.Pd
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal

Mata kuliah Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal bertujuan untuk mengembangkan pemahaman mahasiswa mengenai pentingnya nilai-nilai, tradisi, dan praktik budaya setempat dalam proses pendidikan. Melalui mata kuliah ini, mahasiswa akan belajar tentang konsep, fungsi, dan manfaat kearifan lokal, serta cara mengintegrasikannya ke dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Selain itu, mata kuliah ini juga membekali mahasiswa untuk menyusun strategi pembelajaran yang berbasis pada potensi budaya lokal, sehingga mampu meningkatkan relevansi pendidikan dan memperkuat identitas budaya peserta didik. Melalui mata kuliah ini diharapkan lulusan mampu menjadi pendidik yang adaptif dan inovatif, yang mampu melestarikan dan mengembangkan kearifan lokal di tengah arus modernisasi dan globalisasi.

Pembelajaran IPA SD Berbasis Etnopedagogi
Muhammad Erfan, M.Pd
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pembelajaran IPA SD Berbasis Etnopedagogi

Mata kuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa calon guru dengan pemahaman mendalam tentang cara mengajar ilmu sains di tingkat Sekolah Dasar (SD) dengan mempertimbangkan faktor budaya, nilai-nilai lokal, dan konteks sosial siswa. Etnopedagogi adalah landasan teoritis yang digunakan dalam mengembangkan pendekatan pembelajaran yang relevan

Ilmu Kealaman Dasar
Ni Luh Putu Nina Sriwarthini, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ilmu Kealaman Dasar

Mata kuliah Ilmu Kealamiahan Dasar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan dalam berbagai fenomena –fenomena sains yang ada disekitar kita. Kompetensi yang akan dicapai dan dikuasai mahasiswa yaitu kompetensi dalam memahami konsep sains dan menyelesaikan permasalahan/fenomena yang ditemui berbasis saintific process. Pada mata kuliah ini proses pembelajaran dilakukan dengan blended learning dengan metode pembelajaran pemecahan kasus (case method) dan metode pembelajaran kelompok berbasis proyek (team-based project atau project based learning). Kemudian, blended learning dilaksanakan luring di kelas dan/atau LMS Universitas Mataram di daringunram.ac.id, sedangkan secara daring menggunakan Zoom Cloud Meeting. Penilaian Mata Kuliah ini bersumber dari penyelesaian kasus, penyelesaian proyek, keaktifan di kelas, tugas membuat ringkasan, membuat bagan, membuat artikel ujian tengah semester, dan ujian akhir semester yang mencerminkan CPL sikap, pengetahuan, keterampilan umum, dan keterampilan khusus yang dibebankan pada mata kuliah.


Pengembangan Bahan Ajar
Arif Widodo, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pengembangan Bahan Ajar

Selamat datang di mata kuliah pengembangan bahan ajar program studi pendidikan guru sekolah dasar

Statistik Pendidikan
Muhammad Erfan, M.Pd
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Statistik Pendidikan

Mata kuliah Statistika untuk Penelitian Pendidikan ini dimaksudkan untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman akan kegunaan statistik dalam penelitian pendidikan serta memampukan mereka untuk melakukan kajian-kajian terhadap data-data statistik untuk membuat kesimpulan-kesimpulan.

Psikologi Pendidikan (2022)
Ahmad Hari Witono Dr. H. A. Hari Witono, M.Pd.KonsSetiani Novitasari, M.Pd
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Psikologi Pendidikan (2022)

Ilmu Alamiah Dasar Kelas 2J
Muhammad Syazali, M.Pd
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ilmu Alamiah Dasar Kelas 2J

Diagnostik dan Remedial Teaching (2022)
Ahmad Hari Witono Dr. H. A. Hari Witono, M.Pd.KonsSetiani Novitasari, M.Pd
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Diagnostik dan Remedial Teaching (2022)

Deskripsi Mata Kuliah: 

Mata kuliah Diagnostik dan Remidial Teaching merupakan mata kuliah untuk mahasiswa semester 4 program S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar dengan status mata kuliah wajib dengan bobot mata kuliah 2 SKS. Mata kuliah ini membahas mengenai tinjauan teoritik tentang anak berkesulitan belajar, tinjauan dari aspek medis tentang kesulitan belajar, tinjauan dari aspek psikologis tentang kesulitan belajar, gangguan perkembangan motorik dan perseptual, bentuk asesmen kesulitan belajar, remedial pada anak kesulitan belajar, gangguan perkembangan kognitif, kesulitan belajar bahasa, kesulitan belajar menulis, kesulitan belajar matematika.


CPMK:
  1. Mampu  memahami secara konseptual dan komprehensif tentang Diagnostik Kesulitan Belajar.
  2. Mampu mengidentifikasi kesulitan belajar dan remedialnya di sekolah secara nyata


Mulok (Seni Budaya Daerah)
Muhammad Syazali, M.PdMuhammad Tahir, S.Pd.,M.Sn.
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Mulok (Seni Budaya Daerah)

Seminar ke-SD-an 6A 2022
- Dr. Asrin, M.PdLalu Wira Zain Amrullah, M.Pd
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Seminar ke-SD-an 6A 2022

PENDIDIKAN IPS SD (2)
Setiani Novitasari, M.Pd
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENDIDIKAN IPS SD (2)

Deskripsi Mata Kuliah:

Mata kuliah ini mengenai hakikat pendidikan IPS SD, hakekat IPS, perkembangan pendidikan IPS SD, dimensi IPS, ketrampilan IPS dan metode serta media IPS.


CPMK: 

Melalui serangkaian kuliah tatap muka, penugasan, dan diskusi, mahasiswa semester II PGSD diharapkan mampu memahami dan menguasai substansi dan metodologi dasar keilmuan dari materi Pendidikan IPS di SD yang mendukung pembelajaran IPS di SD/MI

MULOK (SENI BUDAYA DAERAH) 4A & 4B
Setiani Novitasari, M.PdMuhammad Tahir, S.Pd.,M.Sn.
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

MULOK (SENI BUDAYA DAERAH) 4A & 4B

Deskripsi Mata Kuliah:

Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa untuk memahami kemudian dapat mengapresiasikan serta melestarikan Tradisi Budaya Lokal (Kelokalan) tiga suku besar yaitu Suku Sasak, Suku Samawa, dan Suku Mbojo, yang berupa sejarah, nilai-nilai kearifan lokal, kesenian, tradisi, keindahan alam, permainan tradisional, bahasa, serta makanan khas. Bahan perkuliahan meliputi Pengetahuan tentang muatan lokal, Seni Budaya, Suku sasak, suku Samawa, dan Suku Mbojo. Penilaian dilakukan melalui pemberian tugas kelompok, pengamatan presentasi, diskusi kelompok, dan ujian akhir semester.


CPMK:

  1. Mampu menjelaskan ruang lingkup Muatan Lokal.
  2. Mampu memahami wawasan seni.
  3. Mampu memahami kebudayaan.
  4. Mampu memahami seni budaya suku Sasak.
  5. Mampu memahami seni budaya suku Samawa.
  6. Mampu memahami budaya suku Mbojo.
  7. Mampu memahami metodologi penelitian dasar dalam mencari data Laporan hubungan dengan materi budaya sasak masing-masing suku di NTB.

  8. Mampu Membuat video dan Mempublikasi dalam bentuk digital mengenai Adat,  tradisi Budaya suku Sasak, Samawa dan Mbojo.

Muatan Lokal Seni Budaya 4G
Ashar Pajarungi Anar, M.PdMuhammad Tahir, S.Pd.,M.Sn.
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Muatan Lokal Seni Budaya 4G

Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa untuk memahami kemudian dapat mengapresiasikan serta melestarikan Tradisi Budaya Lokal (Kelokalan) tiga suku besar yaitu Suku sasak, Suku Samawa, dan Suku Mbojo, yang berupa sejarah, nilai-nilai kearifan lokal, kesenian, tradisi, keindahan alam, permainan tradisional, bahasa, serta makanan khas. Bahan perkuliahan meliputi Pengetahuan tentang muatan lokal, Seni Budaya, Suku sasak, suku Samawa, dan Suku Mbojo. Penilaian dilakukan melalui pemberian tugas kelompok, pengamatan presentasi, diskusi kelompok, dan ujian akhir semester.

Pendidikan Sains SD
- Baiq Niswatul Khair, S.Pd.,M.Pd- Fitri Puji Astria, M.PdHasnawati, S.Pd.,M.pd Hasnawati, S.Pd., M.Pd- Ketut Sri Kusuma Wardani, M.Pd- Nurwahidah, M.Pd.
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pendidikan Sains SD

CPMK:

Memiliki pengetahuan tentang pengukuran, gaya, gerak, usaha dan energi, suhu dan kalor, bunyi dan indra pendengaran, cahaya dan indra penglihatan, bentuk dan fungsi tubuh tumbuhan dan hewan alat gerak dan fungsinya pada hewan dan manusia, sistem organ (pencernaan, pernapasan, peredaran darah), sistem reproduksi hewan dan tumbuhan
siklus hidup pada hewan dan tumbuhan, ekosistem dan konservasi, siklus hidrologi, zat dan perubahannya, listrik dan magnet serta tata surya.


Ilmu Alamiah Dasar 2022
- Aisa Nikmah Rahmatih, S.Pd., M.Pd.- Ketut Sri Kusuma Wardani, M.Pd- Nurwahidah, M.Pd.
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Ilmu Alamiah Dasar 2022

Mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar merupakan Mata Kuliah Dasar Umum bagi mahasiswa PGSD semester V. Mata kuliah ini mempelajari mengenai Alam Pikiran Manusia dan Perkembangannya, Metode Ilmiah, Bumi dan Alam Semesta, Makhluk Hidup dan Ekosistem Alami, Sumber Daya Alam, IPTEK Perkembangan dan Penerapannya, Zat Aditif dan Zat Adiktif, Pencemaran Ligkungan, dan Bioteknologi.

Pengelolaan Kelas dan Pengajaran Mikro 6I-1
- Ketut Sri Kusuma Wardani, M.Pd
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pengelolaan Kelas dan Pengajaran Mikro 6I-1

CAPAIAN PEMBELAJARAN MATA KULIAH Microteaching

Mahasiswa mampu memiliki keterampilan dasar mengajar yang professional sebagai calon guru SD, merancang perangkat pembelajaran dan membuat media/alat peraga berdasarkan konsep materi ajar di SD, serta mensimulasikan dalam proses pembelajaran di kelas sesuai dengan perangkat pembelajaran (RPP) yang dibuat.

MK Prasyarat: Strategi Pembelajaran, Belajar dan Pembelajaran, & Media Pembelajaran SD

Pendidikan Matematika SD 2E
Iva Nurmawanti, M.Pd
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Pendidikan Matematika SD 2E

MULOK Seni Budaya Daerah 4E 2022
Lalu Wira Zain Amrullah, M.PdMuhammad Tahir, S.Pd.,M.Sn.
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

MULOK Seni Budaya Daerah 4E 2022

Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa untuk memahami kemudian dapat mengapresiasikan serta melestarikan Tradisi Budaya Lokal (Kelokalan) tiga suku besar yaitu Suku sasak, Suku Samawa, dan Suku Mbojo, yang berupa sejarah, nilai-nilai kearifan lokal, kesenian, tradisi, keindahan alam, permainan tradisional, bahasa, serta makanan khas. Bahan perkuliahan meliputi Pengetahuan tentang muatan lokal, Seni Budaya, Suku sasak, suku Samawa, dan Suku Mbojo. Penilaian dilakukan melalui pemberian tugas kelompok, pengamatan presentasi, diskusi kelompok, dan ujian akhir semester.

MULOK Seni Budaya Daerah 4D 2022
Lalu Wira Zain Amrullah, M.PdMuhammad Tahir, S.Pd.,M.Sn.
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

MULOK Seni Budaya Daerah 4D 2022

Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa untuk memahami kemudian dapat mengapresiasikan serta melestarikan Tradisi Budaya Lokal (Kelokalan) tiga suku besar yaitu Suku sasak, Suku Samawa, dan Suku Mbojo, yang berupa sejarah, nilai-nilai kearifan lokal, kesenian, tradisi, keindahan alam, permainan tradisional, bahasa, serta makanan khas. Bahan perkuliahan meliputi Pengetahuan tentang muatan lokal, Seni Budaya, Suku sasak, suku Samawa, dan Suku Mbojo. Penilaian dilakukan melalui pemberian tugas kelompok, pengamatan presentasi, diskusi kelompok, dan ujian akhir semester.

  • 1 (current)
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • » Next page

Stay in touch

Tim SPADA UNRAM

  • https://daring.unram.ac.id
  • 0370-633007
  • spada@unram.ac.id
Get the mobile app

Proudly made with

Moodle logo

Made with by conecti.me