Metode Penelitian Sastra
Metode penelitian sastra merupakan mata kuliah yang mengkaji tentang lingkup penelitian sastra; terkait jenis-jenis metode penelitian sastra, menentukan metode yang tepat bagi karya sastra, memahami karya sastra sebagai objek penelitian dan keterkaitan karya sastra dengan semesta, serta menjadi panduan untuk memadukan teknologi informasi dan komunikasi dalam membuat rancangan penelitian kesastraan. Selama perkuliahan, mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan sejumlah topik terkait Epistemologi penelitian sastra, Aliran penelitian sastra,Penelitian formalisme, trukturalisme murni, Penelitian sutrukturalisme sastra, Penelitian estetika dan stilistika, Penelitian sosiologi sastra, Penelitian psikologi sastra, Penelitian antropologi sastra, Penelitian pragmatic dan resepsi sastra, Penelitian sastra bandingan, Penelitian feminisme, Penelitian sastra lisan, Penelitian model analisis konten, juga Penelitian postmodernisme dan poskolonialialisme.
|
SASTRA DIGITAL
Sastra digital dimaksudkan sebagai matakuliah yang dapat menguatkan konsep sastra dan genre karya sastra, juga sebagai jalan untuk mengenali konsep sastra kontemporer; siberteks dan seni media baru; hiperteks dan Hipermedia; komputerisasi puisi; puisi digital dan aransemen puisi digital; puisi digital visual dan kinetic; performa puisi digital; keaksaraan sinematik; semiotika sinema; seni videografi dan realitas batin manusia untuk menghasilkan proyek videografi puisi. |
PROFESI KEPENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
KSA Metode Penelitian Sastra
KSA.A Kuliah semester Antara yang dilaksanakan setiap hari dengan membahas sejumlah topik berikut ini: (1) metode penelitian formalisme dan strukturalisme murni; (2) metode penelitian strukturalisme genetik; (3) metode penelitian estetika dan stilistika; (4) metode penelitian sosiologi sastra; (5) metode penelitian psikologi sastra; (6) metode penelitian antropologi sastra; (7) metode penelitian pragmatik dan resepsi sastra; (8) metode penelitian sastra bandingan; (9) metode penelitian feminisme sastra; (10) metode penelitian sastra lisan; (11) metode penelitian postmodernisme; (12) metode penelitian poskolonialialisme.
KET. MENULIS
Mata kuliah ini merupakan dasar untuk meningkatkan dan mengambangkan kemampuan (keterampilan) menulis (writing ability) secara memadai. Jadi, konsentrasi mata kuliah ini adalah untuk meletakkan kerangka di bidang kemampuan bernalar dalam menulis, baik menulis karangan ilmiah maupun fiksi. Materinya meliputi: (1) Hubungan pembelajaran menulis dengan pembelajaran bahasa lainnya; (2) Penulisan kreatif, menjadi penulis professional, dan pasar tulisan; (3) Menulis untuk media dan tipe-tipe artikel; (4) Gagasan, riset, dan wawancara; (5) Penulisan esai; (6) Penulisan opini; (7) Penulisan kolom surat kabar; (8) Penulisan review (buku, film, dst); (9) Penulisan Press Release; (10) Penulisan Prosa; (11) Penulisan Puisi; (12) Penulisan Drama; (13) Penulisan Karya Ilmiah di jurnal; (14) Penulisan skripsi.
Apresiasi Sastra Anak
Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa untuk memahami, menjelaskan, memberikan contoh, dan menilai karya sastra anak. Materinya meliputi (1) Genre sastra anak; (2) Nilai personal sastra anak; (3) Nilai Pendidikan sastra anak; (3) Perkembangan anak dan pemilihan bacaan; (5)Penilaian sastra anak; (6) Puisi dan nyanyian anak; (7) Sastra tradisional untuk anak; (8) Komik untuk anak; (9) Pesan moral dalam cerita anak; (10) Bacaan fiksi untuk anak; (11) Bacaan nonfiksi untuk anak; (12) Variasi alur cerita anak; (13) Variasi tokoh cerita anak; (14) Variasi Latar.
METODE PENELITIAN KEPENDIDIKAN
Dengan mengikuti matakuliah ini, mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Unram diharapkan mampu memahami dan mengerjakan tugas akademik terkait (1) Lingkup Penelitian
Pendidikan; (2)Teori dan Kegunaannya dalam Penelitian; (3) Paradigma Penelitian dan Rumusan Masalah; (4) Menentukan Ukuran Sampel; (5) Skala
Pengukuran; (6) Instrumen Penelitian; (7) Teknik
Pengumpulan Data; (8) Tahapan Penelitian; (9) Pre Eksperimental
Designs (One-Shot Case Study); (10) Pre Eksperimental
Designs (One-Group Pretest-Posttest Design); (11) Pre Eksperimental
Designs (Intact-Group Comparison); (12) True Eksperimental
Designs (Posttest-Only Control Design); (13) True Eksperimental
Designs (Pretest-Posttest Control Group Design); (14) Studi Kasus/Penelitian
Tindakan Kelas.