;
Font size
  • A-
  • A
  • A+
Site color
  • R
  • A
  • A
  • A
Universitas Mataram
    Matakuliah
    All courses Course search
    Panduan
    Pedoman SPADA Aktivasi Akun Dosen Mahasiswaa
    Link Terkait
    Universitas Mataram Sitsem Informasi Akademik Sistem Informasi Registarsi
  • Login
  • Bahasa Indonesia ‎(id)‎ English ‎(en)‎
  • Log in

    Access to the platform

    Forgotten your username or password?

  • Log in
Skip to main content

Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

  1. Home
  2. Courses
  3. Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  4. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • 1 (current)
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
  • …
  • 11
  • » Next page
Psikologi Sastra Kelas 4-F
- Muh. Khairussibyan, S.Pd., MA.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Psikologi Sastra Kelas 4-F

Psikologi Sastra Kelas 4-E
- Muh. Khairussibyan, S.Pd., MA.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Psikologi Sastra Kelas 4-E

Psikologi Sastra Kelas 4-D
- Muh. Khairussibyan, S.Pd., MA.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Psikologi Sastra Kelas 4-D

Psikologi Sastra Kelas 4-C
- Muh. Khairussibyan, S.Pd., MA.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Psikologi Sastra Kelas 4-C

Psikologi Sastra Kelas 4-B
- Muh. Khairussibyan, S.Pd., MA.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Psikologi Sastra Kelas 4-B

Linguistik Umum
- Ratna Yulida Ashriany, M.Hum
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Linguistik Umum

Bahasa Indonesia Agribisnis
- Ratna Yulida Ashriany, M.Hum
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Bahasa Indonesia Agribisnis

Pendidikan Agama Islam
- Ratna Yulida Ashriany, M.Hum
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Pendidikan Agama Islam

Metode Penelitian Sastra
- Dr. Johan Mahyudi, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Metode Penelitian Sastra

Metode penelitian sastra merupakan mata kuliah yang mengkaji tentang lingkup penelitian sastra; terkait jenis-jenis metode penelitian sastra, menentukan metode yang tepat bagi karya sastra, memahami karya sastra sebagai objek penelitian dan keterkaitan karya sastra dengan semesta, serta menjadi panduan untuk memadukan teknologi informasi dan komunikasi dalam membuat rancangan penelitian kesastraan. Selama perkuliahan, mahasiswa diarahkan untuk mendiskusikan sejumlah topik terkait Epistemologi penelitian sastra, Aliran penelitian sastra,Penelitian formalisme, trukturalisme murni, Penelitian sutrukturalisme sastra, Penelitian estetika dan stilistika, Penelitian sosiologi sastra, Penelitian psikologi sastra, Penelitian antropologi sastra, Penelitian pragmatic dan resepsi sastra, Penelitian sastra bandingan, Penelitian feminisme, Penelitian sastra lisan, Penelitian model analisis konten, juga Penelitian postmodernisme dan poskolonialialisme.



SASTRA DIGITAL
- Dr. Johan Mahyudi, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

SASTRA DIGITAL

Sastra digital dimaksudkan sebagai matakuliah yang dapat menguatkan konsep sastra dan genre karya sastra,  juga sebagai jalan untuk mengenali konsep sastra kontemporer; siberteks dan seni media baru; hiperteks dan Hipermedia; komputerisasi puisi; puisi digital dan aransemen puisi digital; puisi digital visual dan kinetic; performa puisi digital; keaksaraan sinematik; semiotika sinema; seni videografi dan realitas batin manusia untuk menghasilkan proyek videografi puisi.


Bahasa Arab Semester 2
- Ratna Yulida Ashriany, M.Hum
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Bahasa Arab Semester 2

PROFESI KEPENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Pipit Aprilia Susanti susanti- Syaiful Musaddat, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PROFESI KEPENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA

Matakuliah ini akan memfasilitasi mahasiswa semester II Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia untuk memahami hakikat profesi kependidikan. Dalam konteks ini, mahasiswa akan diantarkan pada pemahaman menyeluruh terkait profesi kependidikan, yakni: hakekat profesi, profesi guru, syarat profesi guru, kode etik guru, kompetensi guru, tugas dan peran guru, permasalahan yang dihadapi guru, profil guru abad 21, dan berbagai kebijakan pengembangan profesi guru yang meliputi uji kompetensi guru, penilaian kinerja guru, penilaian angka kredit, dan pengembangan karir berkelanjutan bagi guru.

Metode Pembelajaran Bahasa dan Sastra
- Dr. Johan Mahyudi, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Metode Pembelajaran Bahasa dan Sastra

 Metode pembelajaran Bahasa dan sastra Indonesia dimaksudkan sebagai mata kuliah yang akan mengantar mahasiswa agar mampu (1) menguraikan dan merekonstruksi cakupan metode pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Prinsip Pembelajaran Bahasa, Prinsip dasar kebahasaan, kesastraan, keterampilan berbahasa, literasi dasar, dan Prinsip Pembelajaran Bahasa Indonesia ditinjau dari aspek psikologi, sosiologi, dan antropologi Pendidikan; (2) menguraikan dan merekonstruksi metode discovery learning, problem-based learning, pembelajaran blended, dan project-based learning untuk materi Bahasa dan Sastra Indonesia mencakup (konsep, contoh, point cultural, aktivitas pembelajaran); hingga (3) merancang dan mempresentasikan proyek penyusunan modul ajar berbasis proyek.

KET. MENULIS
- Dr. Johan Mahyudi, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

KET. MENULIS

Mata kuliah ini merupakan dasar untuk meningkatkan dan mengambangkan kemampuan (keterampilan) menulis (writing ability) secara memadai. Jadi, konsentrasi mata kuliah ini adalah untuk meletakkan kerangka di bidang kemampuan bernalar dalam menulis, baik menulis karangan ilmiah maupun fiksi. Materinya meliputi: (1) Hubungan pembelajaran menulis dengan pembelajaran bahasa lainnya; (2) Penulisan kreatif, menjadi penulis professional, dan pasar tulisan; (3) Menulis untuk media dan tipe-tipe artikel; (4) Gagasan, riset, dan wawancara; (5) Penulisan esai; (6) Penulisan opini; (7)       Penulisan kolom surat kabar; (8) Penulisan review (buku, film, dst); (9)   Penulisan Press Release; (10)   Penulisan Prosa; (11)   Penulisan Puisi; (12)   Penulisan Drama; (13)   Penulisan Karya Ilmiah di jurnal; (14)   Penulisan skripsi.


KM
- Dr. Johan Mahyudi, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

KM

KM

Apresiasi Sastra Anak
- Dr. Johan Mahyudi, S.Pd., M.Pd.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Apresiasi Sastra Anak

Mata kuliah ini bertujuan memberikan kompetensi kepada mahasiswa untuk memahami, menjelaskan, memberikan contoh, dan menilai karya sastra anak. Materinya meliputi (1) Genre sastra anak; (2) Nilai personal sastra anak; (3) Nilai Pendidikan sastra anak; (3) Perkembangan anak dan pemilihan bacaan; (5)Penilaian sastra anak; (6) Puisi dan nyanyian anak; (7) Sastra tradisional untuk anak; (8) Komik untuk anak; (9) Pesan moral dalam cerita anak; (10) Bacaan fiksi untuk anak; (11) Bacaan nonfiksi untuk anak; (12) Variasi alur cerita anak; (13) Variasi tokoh cerita anak; (14) Variasi Latar.

Drama dan Teater Kelas A
- Muh. Khairussibyan, S.Pd., MA.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Drama dan Teater Kelas A

Drama dan Teater Kelas D
- Muh. Khairussibyan, S.Pd., MA.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Drama dan Teater Kelas D

Drama dan Teater Kelas E
- Muh. Khairussibyan, S.Pd., MA.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Drama dan Teater Kelas E

Drama dan Teater Kelas F
- Muh. Khairussibyan, S.Pd., MA.
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Drama dan Teater Kelas F

  • 1 (current)
  • 2
  • 3
  • 4
  • 5
  • 6
  • 7
  • 8
  • 9
  • 10
  • …
  • 11
  • » Next page

Stay in touch

Tim SPADA UNRAM

  • https://daring.unram.ac.id
  • 0370-633007
  • spada@unram.ac.id
Get the mobile app

Proudly made with

Moodle logo

Made with by conecti.me