DESAIN INSTRUMEN PENELITIAN PENDIDIKAN IPA
- Dr. H. Agus Ramdani, M.Sc- Dr. H. Wildan, M.Pd.- Dr. Muh. Makhrus, M.Pd.

DESAIN INSTRUMEN PENELITIAN PENDIDIKAN IPA

Desain Instrumen Penelitian merupakan matakuliah wajib bagi mahasiswa Magister Pendidikan IPA Program Pascasarjana Universitas Mataram, dengan bobot perkuliahan sebanyak 2 sks. Setelah mengikuti serangkaian kegiatan perkuliahan meliputi tatap muka, penugasan, presentasi, dan diskusi, mahasiswa diharapkan dapat menguasai konsep teoritis tentang desain instrumen penelitian dan mampu mengembangkan instrumen penelitian berupa assessment of learning, assessment for learning, dan assessment as learning dengan mengacu pada variabel-variabel dalam proposal tesis yang akan disusun. Pengembangan instrumen penelitian tersebut meliputi  beberapa materi yaitu sebagai berikut: (1) konsep dasar, tujuan, manfaat, jenis, dan karakteristik desain instrumen penelitian pendidikan IPA; (2) konsep dasar penilaian (assessment), pendekatan penilaian (assessment approach), dimensi IPA, dimensi pengetahuan, dan dimensi ranah kognitif; (3) kedudukan instrumen pengumpul data dalam penelitian, faktor-faktor yang dipertimbangkan dalam memilih instrumen pengumpulan data, dan langkah-langkah menyusun instrumen penelitian; (4) menyusun rumusan masalah, tujuan penelitian, dan hipotesis penelitian serta menentukan data dan instrumen pengumpul data; dan (5) menyusun instrumen penelitian pendidikan IPA terkait dengan judul tesis yang diajukan.