Individu Populasi 3
- dr. Astri Ferdiana, S.Ked.MPH- dr. Deasy Irawati, M.Sc.,Ph.D- dr. Ika Primayanti, M.Kes- dr. Lina Nurbaiti, M.Kes- dr. Rika Hastuti Setyorini, M.Kes- dr. Wahyu Sulistya Affarah, MPH, SP. KL- Hangga Rizky Feftyanto S.Sidr. Cut Warnaini, MPH.

Individu Populasi 3

Salah satu area kompetensi yang harus dikuasai oleh dokter Indonesia menurut Standar Kompetensi Dokter Indonesia tahun 2012 adalah Mawas Diri dan Pengembangan Diri. Dokter Indonesia diharapkan mampu menerapkan sikap mawas diri, mempraktikan belajar sepanjang hayat, serta mampu mengembangkan pengetahuan baru. Agar mampu berkontribusi terhadap pengembangan pengetahuan di bidang kedokteran dan kesehatan, mahasiswa program studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Mataram (FK UNRAM) diberikan kesempatan belajar mengenai Ilmu Kesehatan Pencegahan, Ilmu Kesehatan Komunitas dan Ilmu Kesehatan Masyarakat dalam mata kuliah Individu Populasi, serta kesempatan untuk mengaplikasikan pengetahuan ini ketika menjalani kepaniteraan klinik Ilmu Kesehatan Masyarakat pada saat tahap profesi.

 

Materi yang dipelajari pada perkuliahan Individu Populasi 3 ini meliputi sejarah epidemiologi, epidemiologi penyakit menular maupun penyakit tidak menular, surveilans epidemiologi, epidemiologi kesehatan matra, peranan biostatistik dalam epidemiologi, skrining populasi serta pengolahan dan aplikasi data di FKTP.