Blok VII Lokomosi Tahun 2020/2021
M. ARYA RIFQI ILHAM -Nabila Aisyah Putri- dr. Agustine Mahardika- dr. Ahmad Taufik S, Sp.OT- dr. Ario Danianto, Sp.OG- dr. Decky Aditya Zulkarnaen- dr. Dedianto Hidajat, Sp.KK- dr. Dian Puspita Sari, M.Med.Ed- dr. Dini Suryani- dr. Emmy Amalia, Sp.KJ- dr. Fathul Jannah, Sp.PA- dr. Gede Wira Buanayuda, Sp.And- dr. Herpan Syafii Harahap, M.Biomed, Sp.S- dr. Ilsa Hunaifi, Sp.S- dr. Indana Eva Ajmala, Sp.P- dr. Monalisa Nasrul, Sp.M- dr. Muhammad Ghalvan Sahidu Sp.N- dr. Novia Andansari Putri Restuningdyah, Sp.Rad- dr. Rina Lestari, Sp.PDr. dr. Rohadi, Sp.BS(K)- dr. Seto Priyambodo, M.Sc- dr. Umu Istikharoh, Sp.BP- dr.Arfi Syamsun, Sp.KF.,M.Si.MedPuspa Zalika FideliaSilmi Firdaus- Hangga Rizky Feftyanto S.Sidr. Ida Lestari Harahap, M.SiTrisna Ayu Kurnia Putri- Laily Qadriyanti, S.Si- Lale Nurnikmatullahil Musdiqah, A.Md.AKdr. Dyah Purnaning, Sp.OT- Rizka Vidya Lestari, S.Si.,M.BiomedPujiarohman S.Psi.,M.Psi., PsikologDini Suryanidr. Titi Pambudi Karuniawaty, Sp.A.,M.Sc TitiIda Ayu Eka WidiastutiYoga Prawira Wedha Swara Dharma Yoga

Blok VII Lokomosi Tahun 2020/2021

Blok Lokomosi ini merupakan Blok ke-7 dari 21 Blok yang ada di Fakultas Kedokteran Universitas Mataram dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Blok ini termasuk dalam mata kuliah wajib bagi mahasiswa semester III (tahun kedua akademik). Panjang Blok Lokomosi adalah 5 minggu dengan rincian, termasuk minggu terakhir pelaksanaan ujian.

Pada blok lokomosi ini mahasiswa diharapkan mempunyai pengetahuan mengenai dasar pergerakan tubuh anggota gerak atas dan anggota gerak bawah, keseimbangan dan pengaturannya dengan melibatkan sistem saraf serta memahami struktur dan lapisan kulit. Untuk pergerakan mahasiswa perlu memahami struktur anatomi apa saja yang terlibat pada kedua anggota gerak atas dan bawah, pengaturan saraf pusat dan perifer terkait dengan pergerakan, pengaturan keseimbangan tubuh, cara berjalan dengan melibatkan banyak aspek secara kompleks dan peranan kulit sebagai lapisan terluar tubuh yang dapat mempengaruhi rangsangan suatu pergerakan. Setelah melalui blok ini mahasiswa diharapkan lebih memahami ilmu dasar yang terkait dengan sistem muskuloskeletal, saraf, serta integumen sebagai dasar untuk lebih memahami blok selanjutnya khususnya blok neuropsikiatri (blok XVII) serta blok muskuloskeletal dan integument (Blok XVIII).

Dalam pelaksanaan minggu efektif mahasiswa dipaparkan dengan kegiatan perkuliahan, praktikum, tutorial dengan 6 judul skenario dalam proses diskusi, penugasan dan keterampilan medik yang berjalan beriringan dengan blok ini. Metode evaluasi yang digunakan dalam blok lokomosi ini adalah Multiple Choice Question (MCQ) untuk ujian akhir blokdalam bentuk Computer Based Test (CBT), kuis pada akhir minggu, ujian tentamen untuk praktikum, dan beberapa penugasan lain.