DASAR-DASAR MANAJEMEN TA 2020-2021
Andi Iva Mundiyah, SP., M.Si. -Ni Made Wirastika Sari , SP., M.Si.- Dr. Ir. Dwi Praptomo Sudjatmiko, MS.- Dr. Ir. F.X. Edy Fernandez, MP.- Dra. Sri Maryati, MP.- Ir. Addinul Yakin, G.D.Ec., M.Ec.- Ir. Ahmad Sauqi, M.Si.- Ir. Amiruddin, M.Si.- Ir. M. Yusuf, M.Si.- Ir. Muhammad Zubair, MP.- Ir. Nuning Juniarsih, M.Sos.- Ir. Nurtaji Wathoni, MP.- Ir. Siti Nurjannah, M.Si.Abdullah Usman

DASAR-DASAR MANAJEMEN TA 2020-2021

Mata kuliah Dasar-dasar Manajemen atau disingkat DDM merupakan matakuliah wajib Fakultas Pertanian, artinya mata kulih DDM diajarkan pada semua program studi dalam lingkup Fakultas Pertanian Universitas Mataram. 

Outcome dari perkuliahan DDM dimaksudkan agar para mahasiswa memiliki kemampuan softskill dalam mengelola suatu unit organisasi lokal, regional, nasional dan internasional. Tujuan perkulihan adalah agar pada akhir perkulihan mahasiwa menguasai dan memiliki kemampuan softskill pengelola organisasi secara efektif dan efisien, oleh karena itu mahasiwa diwajibkan aktif berorganisasi sebagai pengurus atau pengelola atau pimpinan dan/anggota anggota di pada organisasi intra kampus dan ekstra kampus, serta para lembaga sosial kemasyarakatan agar memiliki pengalaman psikomotorik dalam menggerakkan orang-orang untuk mencapai tujuan organisasi. Keikutsertaan dalam organisasi ditunjukkan oleh surat keputusan kepengurusan atau kartu keanggotaan organisasi formal.

Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran yang berfokus pada mahasiswa (student centre learning atau SCL), yaitu suatu proses pembelajaran yang mana meteri pembelajaran sesuai kebutuhan mahasiswa serta menfasilitasi mahasiwa lebih mandiri dalam belajar, sementara dosen atau tenaga pendidik lebih menposisikan diri sebagai motivator atau fasilitatator. Strategi pembelajaran adalah menerapkan metode penugasan membuat makalah dan power point dan diskusi, serta simulasi atau bermain peran. Kecakapan sebagai pemimpin lebih mendapatkan porsi yang lebih banyak agar mahasiswa memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup dalam berorganisasi. Oleh karena itu bukti keikutsertaan dalam berorganisasi menjadi point tersendiri dalam penilaian tugas.