Belajar dan Pembelajaran PPKn 1A 2023
Muhammad Ismail

Belajar dan Pembelajaran PPKn 1A 2023

Matakuliah ini merupakan matakuliah wajib Fakultas yang harus ditempuh dengan minimal nilai C.

Matakuliah ini diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia, khususnya bagi pengembangan kompetensi mahasiswa calon pendidik tingkat pendidikan dasar pendidikan menengah. Uraian isi buku ini dapat menjadi landasan untuk mengintegrasikan teori dan praktik dalam melaksanakan tugas-tugas mencerdasakan generasi muda bangsa. Materi dalam mataku;iah ini sangat penting untuk dikuasai oleh mahasiswa calon pendidik sebagai modal dasar untuk menjadi pendidik profesional. Matakuliah ini mengkaji 7 bab materi dengan garis besar isi tiap-tiap bab sebagai berikut:

Bab 1. Pengetahuan dan Keterampilan Belajar. Bagian ini memuat uraian tentang sumber pengetahuan manusia dan keterampilan belajar yang mendukung sumber pengetahuan yang utama di antaranya ialah forklor atau kearifan tradisi, filsafat, hasil penelitian empiris, dan teori-teori belajar.

Bab 2. Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Kandungan bab kedua ini difokuskan pada pembahasan teori-teori belajar berdasarkan aliran dan para ahli pendukungnya. Wawasan tentang teori belajar sangat penting bagi mahasiswa calon pendidik dan pendidik untuk mengintegrasikan teori dan praktek dalam proses merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaransebagai tugas pokok pendidik yang professional.

Bab 3. Hakekat Belajar dan Pembelajaran. Pengertian belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran merupakan bagian yang harus dhami dengan benar oleh para calon pendidik. Kedua hal ini terus berkembang seiring dengan perkembangan penelitian dalam bidang psikologi dan pendidikan. Mahasiswa calon pendidik harus terus menerus belajar dan berlatih menerapkan teori serta prinsip tertentu dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran untuk dapat mencapai predikat pendidik profesional.

 Bab 4. Hasil Belajar dan Tujuan Pembelajaran. Dalam tahapmempersiapkan diri untuk melaksanakan kewajiban sebagai pendidik profesional, maka mahasiswa calon pendidik dan juga pendidik harus menyadari betul bahwa pendidikan dan pembelajaran adalah suatu proses yang bertujuan. Uraian materi dalam bab ini difokuskan pada pembahasan mengenai kategori dan klasifikasi hasil belajar dan contoh rumusan tujuan pembelajaran. Contoh-contoh yang diberikan bersifat umum dengan beberapa penekanan pada bidang .

Bab 5. Karakteristik Peserta Didik. Dalam era milenium ini, para pendidik dan calon pendidik dituntut untuk secara sadar mau mengubah pola pikir dan pola bertindak terkait dengan pembelajaran. Pendidik hendaknya tidak mempertahankan diri sebagai bagian dari status quo. Pendidik bidang , harus berusaha keras melatih dan mengembangkan penguasaan empat standar kompetensi pendidik dalam upaya untuk menjadi pendidik profesional yang efektif. Uraian dalam bab ini berusaha mengajak pembaca untuk memetakan karakteristik peserta didik, mengidentifikasi karakteristik peserta didik dalam pembelajaran, dan menganalisis ruang lingkup karakteristik peserta didik serta seperti apa implikasi karakteristik peserta didik terhadap penyelenggaraan pendidikan.

Bab  6.    Prinsip Pembelajaran   yang   Mendidik.

Pembelajaran yang mendidik semestinya berlangsung sebagai proses atau usaha yang dilakukan peserta didik sehingga terjadi perubahan tingkah laku kearah yang lebih baik sebagai hasil pengalamannya beriteraksi dengan lingkungan. Rancangan pembelajaran yang mendidik disusun sesuai dengan prinsip dan langkah perencanaan pembelajaran yang tepat hendaknya dapat menghasilkan perubahan dalam diri peserta didik kearah yang lebih baik. Pembelajaran yang mendidik tidak hanya mencakup penguasaan ilmu pengetahuan, teknologi, kecakapan hidup (soft skills) tetapi juga harus mampu menumbuhkan karakter yang kuat dengan tidak meninggalkan identitas nasional. Untuk membangun generasi cerdas dan berbudi pekerti luhur, maka dalam melaksanakan tugas-tugasnya guru harus memahami berbagai prinsip pembelajaran yang mendidik mulai dari konteks standar proses pendidikan di Indonesia seperti 1) pengembangan kemampuan berpikir, 2) pengembangan fungsi otak dan 3) pembelajaran sepanjang hayat. Selain itu, terdapat beberapa prinsip penting yang harus dipahami calon guru yaitiu :

1) Perhatian dan Motivasi,

 2)  Fleksibilitas dan Adaptasi, 3) Perbedaan Individu, 4) Keaktifan, 5) Keterlibatan Langsung, 6) Tantangan, 7) Pengulangan, dan 8)Umpan balik/Feedback.

 Bab 7. Paradigma Pembelajaran Abad 21. Pembahasan dalam bab terakhir ini mengantarkan pembaca untuk mengenal dan memahami tantangan-tantangan yang dihadapi oleh pendidik pada masa kini dan masa akan datang. Sekaitan dengan itu, maka perlu adanya pergeseran paradigma dan pandangan tentang tugas dan peran guru terkait dengan ragam dan kompeksitas tantangan yang dihadapi oleh guru di masa datang.

Seiring dengan telah disusunnya buku ajar,sebagai pendamping dalam perkuliahan,  pengajar menganjurkan agar semua mahasiswa agar membaca buku ajar tersebut secara  detail dan tahap demi setahap. Terimakasih