Evaluasi Pembelajaran Sosiologi V
- Dr. Sukardi, S.Pd., M.Pd.Nurlaili Handayani, S.Pd., M.Pd

Evaluasi Pembelajaran Sosiologi V

Mata Kuliah ini diarahkan pada bagaimana mengembangkan dan mengkonstruksi serta mengimplementasikan pola evaluasi pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mata pelajaran sosiologi, yang disajikan berdasarkan hasil analisis dosen yang memadukan antara tugas-tugas yang dilaksanakan dengan kemampuan awal mahasiswa (pengalaman pembelajaran), sehingga materinya difokuskan ke arah yang lebih aplikasi praktis berdasarkan hasil analisis tersebut. Pembahasan ini dimulai dengan konsep dan gagasan pembaharuan evaluasi pembelajaran sosiologi yang dikemas secara praktis dan sederhana. Bagian dua membahas kawasan kompetensi atau tujuan pembelajaran yang merupakan muara dari proses evaluasi pembelajaran. Bagian tiga, empat, dan lima  yang menyajikan proses, implementasi, dan instrumentasi evaluasi pembelajaran sosiologi secara aplikatif-praktis yang dikemas secara sederhana dan sistematis dengan maksud agar mahasiswa sebagai calon guru dan guru sosiologi dapat memiliki pemahaman yang lebih kongkret ketika akan memasuki kancah pembelajaran yang sebenarnya yaitu di satuan pendidikan menengah atas. Bagian enam menampilkan sosok kriteria evaluasi pembelajaran yang disajikan secara praktis yang sesuai dengan konteks mahasiswa yang sedang belajar dan konteks tuntutan lapangan. Pembahasan diakhiri dengani diakhiri dengan pembahasan bagimana pemanfaatan Hasil evaluasi Pembelajaran