Metode Geolistrik dan Elektromagnetik 2020-2021
Hiden Dr. Hiden, S.Si., MT

Metode Geolistrik dan Elektromagnetik 2020-2021

CAPAIAN PEMBELAJARAN: Setelah mengikuti serangkaian kuliah tatap muka/online, menyelesaikan tugas-tugas terstruktur, dan diskusi, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan Metode Geolistrik dan EM dalam mempelajari sifat-sifat kelistrikan dan sifat-sifat Elektromagnetik batuan serta dapat mengaplikasikan dan menganalisis sifat-sifat batuan tersebut dalam eksplorasi struktur, airtanah, mineral, dan lingkungan.

Uraian Mata Kuliah

: Mata kuliah ini mengajarkan tentang dasar-dasar teori hukum Ohm dan aplikasinya, penjalaran arus bawah permukaan Bumi, sifat-sifat kelistrikan batuan, polarisasi elektroda dan membran, metode resistivitas, pemahaman tentang konfigurasi elektrodan dan faktor geometrinya, potensial diri, potensial terimbas, memahami prosedur pengambilan data lapangan, pemrosesan dan interpretasi data geolistrik, dan perhitungan deposit. Konsep dan metode eksplorasi dengan metode EM (VLF, AMT, CSAMT, GPR).

 

Pustaka:

 1. Burger, H.R., 1992, Exploration Geophysics of the shallow surface, Prentice                Hall,   Englewood Cliffs New Jersey 07632

2.  Reynolds, 1979, An Introduction to Applied and Enviromental Geophysics, JW           Wiley

3.   Telford, W.M., and Sheriff, R.E., 1998, Applied Geophysics, Cambridge Unversity        Press, New York,

4.   Jurnal-jurnal terkait (Internet)