METODOLOGI PENELITIAN
Anatomi dan Histologi
Anatomi dan Histologi Hewan merupakan mata kuliah keahlian berkarya
bonggol biologi yang mempelajari struktur histology dan anatomi dalam tubuh hewan.
Struktur tubuh hewan berkembang dari struktur yang sederhana menuju ke arah
struktur yang lebih sempurna. Perkembangan struktur ini dimulai dari sel,
jaringan, organ, dan sistem organ. Dalam perkuliahan ini, perbandingan struktur
histologi dan anatomi dari hewan sederhana yaitu pisces, amphibia, aves, sampai
mammalian akan dibahas. Pembelajaran dilakukan melalui teori dan pengamatan di
laboratorium. Kegiatan praktikum meliputi pengamatan makroskopis yaitu
pengamatan organ / anatomi tubuh hewan dan pengamatan mikroskopis yang meliputi
pengamatan sel dan jaringan dibawah mikroskop
Arachnologi
Melalui serangkaian kuliah tatap muka, belajar terstruktur, diskusi, dan praktikum, mahasiswa memahami dan menjelaskan konsep-konsep arachnologi serta mampu menerapkan konsep-konsep yang diperoleh untuk mempelajari beberapa bidang kajian terkait.
Biodiversitas Ekologi
Melalui serangkaian kuliah tatap muka, belajar terstruktur, diskusi, mahasiswa mengenal, memahami tentang keanekaragaman ekosistem di muka bumi, serta menumbuhkan rasa cinta terhadap keanekaragaman ekosistem tersebut sehingga timbul upaya untuk melestarikannya.
Bioekologi Mikroba
Mata kuliah ini merupakan mata pilihan pada Prodi Biologi Universitas Mataram. Matakuliah ini membahas pengertian ekologi mikrobia dan kaitannya dengan ekologi secara umum. Kemudian dilanjutkan dengan konsep habitat mikrobia dalam perspektif ekologi dan metode untuk mempelajari ekologi mikrobia. Lebih mendalam dibahas mengenai interaksi antar mikrobia, interaksi mikroba dengan tumbuhan dan interaksi mikrobia dengan hewan serta konsep hidup bersama mikrobia dalam komunitas. Secara lebih detail dibahas pula mengenai proses mikrobia yang berkontribusi terhadap siklus biogeokimia, biomineralisasi dan pelapukan oleh mikrobia serta mekanisme dekomposisi senyawa alam oleh mikrobia
BIOLOGI ACTINOMYCETES
Biologi Actinomycetes (PIB16031) merupakan mata kuliah pilihan semester gasal bagi mahasiswa S1 Program Studi Biologi Fakultas MIPA Universitas Mataram. Bobot mata kuliah 3 SKS (2 SKS teori dan 1 SKS praktikum). Mahasiswa dapat memprogramkan mata kuliah ini jika sebelumnya telah menempuh mata kuliah Mikrobiologi (BIO16411) dan Fisiologi Mikrob (BIO16507).
Materi kuliah Biologi Actinomycetes meliputi:
1) Aspek Biologi Actinomycetes; 2) Keanekaragaman Spesies dan Fungsi
Actinomycetes dalam Ekosistem; 3) Nutrisi dan Pertumbuhan Actinomycetes; 4) Teknik Sampling, Isolasi dan Preservasi; 5) Metode Karakterisasi dan
Identifikasi; 6) Tahapan dan Metode Penelitian Actinomycetes; 7) Screening
dan Analisis Senyawa Bioaktif; 8) Diskusi/Presentasi Tugas Terstruktur.
1) Mendeskripsikan karakter morfologi dan fisiologi, habitat dan keanekaragaman, serta keutamaan kelompok Actinomycetes; 2) Menjelaskan kebutuhan nutrisi dan pertumbuhan Actinomycetes; 3) Melakukan eksplorasi isolat lokal, karakterisasi, dan memilih metode preservasi yang tepat; 4) Membuat ulasan jurnal/proposal/mini project mengenai senyawa bioaktif dari kelompok Actinomycetes.
Referensi:
Li Q et al. 2016. Morphological
Identification of Actinobacteria. INTECH.
Moat A.G., Foster J.W., Spector M.C. 2002. Microbial Physiology. 4thEd.,. John Willey & Sons, Inc.
Madigan M.T. et al. 2012. Brock: Biology of Microorganisms, 13th Ed., Pearson Education Inc.
Biologi Fungi
Setelah mengikuti mata
kuliah, tugas terstruktur, tanya jawab dandiskusi, mahasiswa semester 4 Program
Studi Biologi FMIPA UNRAM diharapkan mampu menguraikan sejarah perkembangan
mikologi, menjelaskan struktur somatik dan ultrastruktur fungi, mampu
mendeskripsikan kelompok fungi berserta siklus hidupnya, menganalisis
suatu taksa, serta memahami peranan dan pemanfaatan fungi
dalam berbagai bidang kehidupan.
MINGGU KE- |
KEMAMPUAN AKHIR YANG DIHARAPKAN |
BAHAN KAJIAN |
INDIKATOR |
SUB BAHAN KAJIAN |
BENTUK PEMBELAJARAN |
KRITERIA PENILAIAN (INDIKATOR) |
WAKTU BELAJAR |
BOBOT NILAI |
1 |
Mampumemahami konsep dasar mikologi serta mengetahui sejarah perkembangannya |
Biologifungi |
Mampu menjelaskan konsep mikologi |
Pendahulaun mikologi |
Ceramah dan tanyajawab |
· Ketepatan penjelasan · Komunikasi (tertulisdan lisan/verbal) |
1 x 100 menit |
|
Mampu menjelaskan sejarah dan perkembangan mikologi |
Sejarah dan perkembangan mikologi |
|||||||
2 |
Mampu memBEDAKAN tentang struktur somatik, ultrastruktur fungi dan protoktista |
Struktur somatik, Ultrastruktur fungi, cendawan protoktista |
Mampu menjelaskan struktur somatik dan ultrastruktur cendawan |
Struktur somatik dan ultrastruktur cendawan |
Ceramah dan Tanya jawab |
· Ketepatan penjelasan · Komunikasi (tertulis dan lisan/verbal) |
1 x 100 menit |
|
Mampu menjelaskan morfologi cendawan protoktista |
Morfologi cendawan protoktista |
|||||||
3 |
Mampu membedakan klasifikasi cendwan semu dan cendawan sejati |
Biologi Fungi |
Mampu menjelaskan klasifikasi cendawan semu |
Klasifikasi Cendawan semu |
Ceramah dan Tanya jawab |
· Ketepatan penjelasan · Komunikasi (tertulis dan lisan/verbal) |
1 x 100 menit |
|
Mampu menjelaskan klasifikasi cendawan sejati |
Klasifikasi Cendawan sejati |
|||||||
4 |
Mampu menguraikan Reproduksi fungi |
Reproduksi fungi |
Mampu menjelaskan reproduksi aseksual fungi |
Reproduksi aseksual fungi |
Ceramah dan Tanya jawab |
· Ketepatan penjelasan · Komunikasi (tertulis dan lisan/verbal) |
1 x 100 menit |
|
Mampu menjelaskan reproduksi seksual fungi |
Reproduksi seksual fungi |
|||||||
5 |
Mampu mendeskripsikan kelompok Kitrid |
Biodiversitas Kitrid |
Mampu menjelaskan ciri umum filum Kitridiomycota |
Ciri umum |
Ceramah dan tanyajawab |
· Ketepatan penjelasan · Komunikasi (tertulis dan lisan/verbal) |
1 x 100 menit |
|
Mampu menjelaskan daur hidup |
Daur hidup |
|||||||
6 |
Mampu mendeskripsikan kelompok Plasmodiofora dan Miksomikota |
Biodiversitas Plasmodiofora dan Miksomikota |
Mampu menjelaskan ciri umum filum Plasmodiofora |
Ciri umum |
Ceramah dan Tanya jawab |
· Ketepatan penjelasan · Komunikasi (tertulis dan lisan/verbal) |
1 x 100 menit |
|
Mampu menjelaskan daur hidup plasmodiofora |
Daur hidup |
|||||||
Mampu menjelaskan ciri umum Miksomikota |
Ciri umum |
|||||||
Mampu menjelaskan daur hidup miksomikota |
Daur hidup |
|||||||
7 |
Mampu mendeskripsikan kelompok Oomycota |
Biodiversitas Oomycota |
Mampu menjelaskan ciri umum filum Kitridiomycota |
Ciri umum |
Ceramah dan Tanya jawab |
· Ketepatan penjelasan · Komunikasi (tertulis dan lisan/verbal) |
1 x 100 menit |
|
Mampu menjelaskan daur hidup |
Daur hidup |
|||||||
Mampu menjelaskan keragaman dan arti penting |
Biodiversitas |
|||||||
UJIAN TENGAH SEMESTER |
||||||||
8 |
Mampu mendeskripsikan BIOLOGI dan biodiversitas kelompok Ascomycota |
Biodiversitas Ascomycota |
Mampu menjelaskan ciri umum filum Ascomycota |
Ciri umum |
Ceramah dan tanyajawab |
· Ketepatan penjelasan · Komunikasi (tertulis dan lisan/verbal) |
1 x 100 menit |
|
Mampu menjelaskan daur hidup |
Daur hidup |
|||||||
Mampu menjelaskan proses askosprogenesis |
Askosporogenesis |
|||||||
Mampu menjelaskan keragaman dan arti penting |
Biodiversitas |
|||||||
9-10 |
Mampu mendeskripsikan tentang biologi dan biodiversitas Basidiomycota |
Biologi dan Biodiversitas Basidiomycota |
Mampu menjelaskan ciri umum basidiomycota |
Ciri umum |
Ceramah dan tanyajawab |
· Ketepatan penjelasan · Komunikasi (tertulis dan lisan/verbal) |
1 x 100 menit |
|
Mampu menjelaskan daur hidup |
Daur hidup |
|||||||
Mampu mendeskripsikan biodiversitas basidiomycota |
Biodiversitas |
|||||||
Mampu menjelaskan arti penting |
|
|||||||
11 |
Mampu mendeskripsikan tentang biodiversitas cendawan bermitospora |
Biologi dan Biodiversitas Aktinomisetes |
Mampu mendeskripsikancendawan bermitospora |
Biodiversitas cendawan bermitospora |
Ceramah dan tanyajawab |
· Ketepatan penjelasan · Komunikasi (tertulis dan lisan/verbal) |
1 x 100 menit |
|
Mampu menjelaskan daur hidup dan ciri umum cendawan bermitospora |
Biologi cendawan bermitospora |
|||||||
12 |
Mampu menguraikan cendawan sebagai saprob |
cendawan sebagai saprob |
Mampu mendeskripsikan cendawan trgolong saprob |
cendawan saprofitik |
Ceramah dan tanyajawab |
· Ketepatan penjelasan · Komunikasi (tertulis dan lisan/verbal) |
1 x 100 menit |
|
Mampu menjelaskan mekanisme survive |
Mekanisme aksi |
|||||||
13 |
Mampu menjelaskan peranan cendawan dalam bidang pertanian |
Peranan cendawan dalam bidang pertanian |
Mampu menjelaskan peranan fungi dlm siklus hara |
Siklus hara |
Ceramah dan tanyajawab |
· Ketepatan penjelasan · Komunikasi (tertulis dan lisan/verbal) |
1 x 100 menit |
|
Mampu menjelaskan peranan fungi dlm struktur biologi dan fisik tanah |
Struktur fisik dan biologi tanah |
|||||||
Mampu menjelaskan peranan fungi sbg pupuk hayati |
Pupuk hayati |
|||||||
Mampu menjelaskan peranan fungi sbg pengendali hayati |
Pengendali hayati |
|||||||
14 |
Mampu menjelaskan tentang cendawan simbion |
cendawan simbion |
Mampu menjelaskan daur hidup cendawan simbion |
Daur hidup |
Ceramah dan tanyajawab |
· Ketepatan penjelasan · Komunikasi (tertulis dan lisan/verbal) |
1 x 100 menit |
|
Mampu mendeskripsikan keragaman jenis cendawan simbion |
Keragaman cendawan simbion |
|||||||
15 |
Mampu menjelaskan tentang cendawan patogen pada manusia dan hewan |
Cendawan patogen |
Mampu menjelaskan jenis cendawan patogen manusia |
Human patogen |
Ceramah dan tanyajawab |
· Ketepatan penjelasan · Komunikasi (tertulis dan lisan/verbal) |
1 x 100 menit |
|
Mampu menjeaskan mekanisme patogensisitas |
Patogesitas |
|||||||
16 |
Mampu mengemukakan peranan fungi dalamm dunia industri |
Mikologi industri |
Mampu menjelaskan peranan di indusri |
Peranan fungi |
Ceramahdantanyajawab |
· Ketepatan penjelasan · Komunikasi (tertulis dan lisan/verbal) |
1 x 100 menit |
|
Mampu menjelaskan proses produksi |
Proses produksi |
|||||||
Mampu menjelaskan pasar produk fungi |
Pasar produk fungi |
|||||||
Menjelaskan peran mikroba pada bidang pangan dan pertanian |
Peran mikroaba dalam bidang pertanian dan pangan |
|||||||
UJIAN AKHIR SEMESTER |
BIOLOGI LANJUTAN (TA 2022_Genap)
Biologi Lanjutan (3 SKS) merupakan mata kuliah wajib semester 2 bagi mahasiswa S1 Program Studi Biologi Fakultas MIPA Universitas Mataram.
Materi kuliah Biologi Lanjutan meliputi:
1) Genetika dan sintesis protein; 2) keanekaragaman prokariot, protista dan cendawan; 3) keanekaragaman tumbuhan tidak berbiji dan berbiji; 4) struktur dan perkembangan tumbuhan; 5) fotosintesis; 6) struktur dan fungsi hewan; 7)keanekaragaman hewan invertebrata dan vertebrata; 8) evolusi makhluk hidup; dan 9) aplikasi biologi.
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu:
1) Menelaah konsep aliran genetik melalui transkripsi dan translasi; 2) menjelaskan hirarki klasifikasi dan prinsip dasar persamaan dan perbedaan karakter yang melatarbelakangi keanekaragaman makhluk hidup; 3) membandingkan perbedaan struktur dan fungsi tubuh tumbuhan dan hewan; 4) menjelaskan konsep dan mekanisme evolusi dan mampu menghubungkannya dengan keanekaragaman makhluk hidup; 5) menciptakan ide/gagasan/riset/ kajian mengenai aplikasi biologi dari konsep-konsep dasar yang telah dipelajari sebelumnya, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun kaitannya dengan bidang ilmu lain.
Referensi:
1. Buku Ajar Biologi Dasar II. 2016. Program Studi Biologi, FMIPA Universitas
Mataram.
2. Campbell et al, 2013, Biology 10th Edition. Pearson Inc.
3. Knox, Ladiges, Evane, 1994.
Biology. Mc Graw-Hill Inc. Australia
Biologi Reproduksi
Biologi Reproduksi merupakan mata kuliah yang membahas masalah
perkembangan individu mulai dari pembentukan sel kelamin sampai terjadinya
individu baru. Dalam sistem reproduksi jantan, testis bekerja menghasilkan sel
kelamin jantan atau spermatozoa, sedangkan ovarium menghasilkan sel kelamin
betina atau ovum. Gametogenesis merupakan langkah proses pemasakan sel kelamin
dari sel kelamin diploid menjadi haploid. Proses ini dilanjutkan dengan
peristiwa fertilisasi atau peleburan sel kelamin jantan dan betina yang menghasilkan
zigot. Zigot akan berkembang menjadi individu baru melalui serangkaian
peristiwa morula, blastula, gastrula, tubulasi, neurulasi dan organogenesis.
Proses perkembangan yang dipelajari juga mencakup proses atau peristiwa yang
terjadi selama metamorfosis baik pada serangga maupun pada vertebrata. Dalam
perkuliahan ini mahasiswa juga diberikan pengetahuan aplikasi dari perkembangan
embrional seperti embriogenesis pada manusia, peristiwa bayi kembar, kelainan
selama proses perkembangan yang menghasilkan cacat, serta peristiwa kloning.